Sukses

3 Opsi MU untuk Final Piala Liga Inggris

MU tidak diperkuat Henrikh Mkhitaryan karena cedera pada final Piala Liga Inggris.

Liputan6.com, Manchester - Keputusan Jose Mourinho menurunkan tim kuat pada leg kedua 32 besar Liga Europa membuat Manchester United (MU) kehilangan pemain penting di final Piala Liga Inggris. Mereka tidak bisa memainkan playmaker Henrikh Mkhitaryan.

Mourinho mengandalkan hampir seluruh tulang punggung tim saat MU mencoba mempertahankan keunggulan 3-0 dari Saint-Etienne, Kamis (23/2/2017) dinihari WIB. Pendekatannya berbuah manis dengan kemenangan 1-0.

Gol juga datang dari Mkhitaryan. Namun, taktik nakhoda asal Portugal tersebut juga menciptakan sisi negatif. Mkhitaryan terkena cedera hamstring dan dipastikan absen melawan Southampton, Minggu (26/2/2017).

Beruntung, Michael Carrick yang juga gagal menyelesaikan pertandingan melawan Saint-Etienne dapat merumput.

Absennya Mkhitaryan tidak hanya menciptakan lubang di tim MU, melainkan juga ke permainan tim. Meski begitu, ada sejumlah pilihan yang tersedia bagi Mourinho untuk duel nanti.

Berikut pilihan taktik MU tanpa pemain asal Armenia tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Juan Mata

Juan Mata. (AP Photo/Nick Potts)

Terpinggirkan ke sisi kanan permainan, Juan Mata menanti kesempatan kembali ke posisi terbaik di belakang penyerang tunggal.

Reputasinya tidak perlu diragukan. Dia memenangkan dua gelar pemain terbaik Chelsea secara beruntun dengan tampil di sana.

Masalahnya, Mata tidak dipercaya Mourinho untuk posisi tersebut. Sebab, pemain asal Spanyol itu dinilai kurang cepat dalam melepas bola.

3 dari 4 halaman

Paul Pogba

Tampil buruk di posisi ini ketika menghadapi Chelsea dan Liverpool di Liga Inggris. Dengan pertimbangan itu, patut dimengerti jika Mourinho segan menetapkan Pogba sebagai pendukung Ibrahimovic.

Paul Pogba. (AP Photo/Dave Thompson)

Namun, tidak ada salahnya jika Mourinho kembali menguji Pogba di sana, setidaknya untuk babak pertama. Bagaimanapun, pemain asal Prancis tersebut memiliki kualitas yang membuat MU memecahkan rekor transfer dunia demi menggaetnya dari Juventus.

Bermain lebih ke depan, Pogba bisa bebas membantu serangan menggunakan kualitas yang dimilikinya.

4 dari 4 halaman

Bola Langsung

Alih-alih menggunakan playmaker, MU bisa mengabaikan pendekatan tersebut dan mengubah drastis strategi. Di sini mereka tidak perlu berusaha mencoba menemukan lubang di pertahanan lawan dan langsung mengirimkan umpan jauh ke depan.

Pogba, Ander Herrera, atau Michael Carrick memiliki kemampuan melepas bola akurat bagi penghuni lini depan. Meski Zlatan Ibrahimovic tidak lagi muda, MU masih punya sejumlah pemain yang dapat mengejar si kulit bundar.

Anthony Martial. (Reuters/Jason Cairnduff)

Anthony Martial, Marcus Rashford, atau Jesse Lingard boleh diandalkan. Kebetulan, kecepatan bukanlah kekuatan pemain belakang Southampton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini