Sukses

Heroik, Striker Ini Selamatkan Nyawa Kiper Lawan dengan Jarinya

Aksi penyelamatan yang dilakukan Francis Kone bukan kebetulan.

Liputan6.com, Jakarta Aksi heorik mewarnai Liga Utama Republik Ceko, Sabtu (25/2/2017). Bukan penyelamatan gemilang atau aksi tak kenal lelah para pemain dalam merebut kemenangan, tapi soal kisah penyelamatan nyawa pemain lawan.

Adalah Francis Kone, striker tim Slovaco, yang tampil sebagai 'pahlawan' dalam drama ini. Berkat kesigapannya dalam bertindak, kiper lawan Martin Berkovec berhasil terhindar dari kematian.

Seperti dilansir The Sun, musibah menimpa Berkovec saat timnya, Bohemians 1905 bertarung dengan Slovaco pada lanjutan Liga Utama Republik Ceko. Duel baru berjalan 30 menit sata Berkovec tanpa sengaja berbenturan dengan rekannya sendiri saat berusaha menghalau bola yang mengarah ke kotak penalti.

Dia terpelanting dan pingsan seketika dengan bagian lidah menyumbat tenggorokannya. Melihat kondisi Berkovec, Kone yang berada tak jauh dari korban segera bertindak. Tanpa ragu, dia langsung memasukkan jari tangannya ke mulut Berkovec untuk menarik kembali lidahnya agar bisa bernafas kembali seperti biasa.

Dua orang pemain Bohemians kemudian datang membantu. Mereka lalu memiringkan posisi tubuh Berkovec.

Berkovec lalu dilarikan ke rumah sakit. Dia menjalani pemeriksaan CT Scan dan observasi lainnya sepanjang malam. Meski demikian, Berkovec tidak sampai diopname. Malamnya dia pun berterima kasih kepada Kone.

"Saya ingin berterima kasih kepada Francis Kone yang telah menyelamatkan dan menolong saya hari ini. Saya senang atas bantuan itu dan sekali lagi terima kasih," tulis Berkovec lewat Facebook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Kebetulan

Kepahlawanan Kone ternyata bukan kebetulan. Sebab sebelumnya, Kone pernah melakukan hal yang sama kepada pemain-pemain lain. Setidaknya, sebelum Berkovec, Kone telah menyelamatkan nyawa tiga orang.

Usai pertandingan, Kone pun menceritakannya. "Ini merupakan kali keempat," kata Berkovec. 

"Sekali di Thailand dan dua kali lagi di Afrika. Saya selalu memeriksa pemain untuk memastikan mereka tidak sampai menelan lidahnya," ujar pemain Pantai Gading tersebut. 

Sementara itu, pertandingan berakihir tanpa pemenang dengan skor 0-0. Dengan hasil ini, Slovacko masih berada di posisi kesembilan klasemen sementara dengan 20 poin dari 18 laga. Sedangkan Bohemians 1905 berada di urutan ke-12 dengan 19 poin dari 17 pertandingan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.