Sukses

3 Syarat Utama Ikut Basket Liga Bocah Indonesia

LBI menerapkan persyaratan yang cukup berat bagi para peserta.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi bola basket antarsiswa Sekolah Dasar (SD) Liga Bocah Indonesia (LBI) siap bergulir. Rencananya ajang yang digagas legenda basket Indonesia Ary Sudarsono itu akan dimulai bulan Agustus 2017.

Berbeda dengan kompetisi usia dini lain, LBI menerapkan syarat unik untuk para peserta. Para pelajar yang mau ikut bertanding di LBI harus memiliki nilai raport yang baik serta wajib hafal Pancasila dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.  

"Kami ingin agar manusia Indonesia semakin membaik. LBI ingin mengajarkan kepada anak-anak nilai sportivitas, cinta tanah air, hormat kepada pelatih, guru dan respek terhadap lawan," ujar Ary saat berkunjung ke redaksi Liputan6.com, Selasa (28/2/2017).

"Rencananya kita juga akan memberikan apresiasi penghargaan kepada para insan basket nasional mulai dari wasit, pemain nasional, guru hingga eks pengurus Perbasi," lanjut Ary.

Tim-tim yang akan bertanding di LBI juga harus menyertakan pebasket wanita. Minimal setiap tim menurunkan satu pemain wanita di tiap pertandingannya. Langkah ini juga untuk membantu Perbasi menemukan talenta di sektor basket putri.

"Kami memilih menggelar kompetisi antarsekolah karena melihat jika turnamen kelompok umur kurang fanatismenya. Jika turnamen mewakili sekolah akan menumbuhkan semangat lebih karena membawa nama baik sekolahnya."

Untuk tahap awal, LBI akan diikuti oleh 32 tim dari Jabodetabek. LBI hanya akan digelar di akhir pekan agar tidak mengganggu kegiatan sekolah para peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini