Sukses

Sengketa Wilayah di Israel dan Palestina, AFC Minta Bantuan FIFA

PFA juga mengeluhkan tentang sikap Israel yang membatasi pergerakan para pemain Palestina di Tepi Barat dan Gaza.

Liputan6.com, Gaza - Federasi Sepak Bola Asia (AFC) meminta bantuan FIFA untuk menyelesaikan masalah sepak bola di dua negara yang saat ini masih terlibat konflik, yakni Israel dan Palestina.

Ketua AFC Sheik Slaman bin Ebrahim Al Khalifa mengatakan kalau Palestina ingin melihat kompetisi sepak bola di negara mereka. Namun, batas waktu untuk mengakhiri masalah ini sering kali terlewati.

Masalah ini muncul setelah enam tim dari klub divisi bawah Liga Israel yang bermarkas di wilayah pendudukan Tepi Barat (wilayah Palestina) dan melakukan pertandingan di sana. Namun, Federasi Sepak Bola Palestina (PFA) mengklaim kalau hal itu bertentangan dengan statuta FIFA.

PFA juga mengeluhkan tentang sikap Israel yang membatasi pergerakan para pemain Palestina di Tepi Barat dan Gaza. Beberapa tentara Israel disebut mengadang sejumlah perjalanan internasional.

"Palestina adalah anggota AFC dan mereka ingin melihat sepak bola mereka dimainkan di negeri sendiri," kata Sheikh Salman, seperti dilansir dari Antara.

"Kami ingin adanya batas waktu yang pasti, karena sebelumnya selalu dilewati. Kami semua ingin masalah ini dapat diselesaikan," ujarnya menegaskan.

PFA pada kongres FIFA dua tahun lalu mengimbau adanya sanksi bagi Israel. Namun dibujuk untuk mencabut mosinya di menit terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini