Sukses

Pelatih Timnas Spanyol Paham Alasan Enrique Tinggalkan Barcelona

Julen Lopetegui menyebut Enrique sudah membuktikan kelasnya sebagai pelatih Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui, ikut angkat bicara mengenai keputusan Luis Enrique yang tak memperpanjang kontraknya di Barcelona. Tanpa mempertanyakannya, Lopetegui mengaku memahami alasan Enrique di balik keputusan itu.

Jagat sepak bola Spanyol dikejutkan dengan keputusan Enrique usai membawa Barcelona menang 6-1 atas Sporting Gijon pada pekan ke-25 La Liga 2016/2017, Kamis (2/3/2017) dinihari WIB. Ia memutuskan untuk tak memperpanjang kontraknya di Camp Nou.

Sekadar catatan, kontrak Enrique sebagai pelatih Barcelona berakhir pada 30 Juni 2017. Hingga kini, belum diketahui siapa sosok yang bakal ditunjuk Barca untuk menggantikan peran Enrique.

"Saya mengerti keputusan yang telah ia buat, itu normal baginya menjadi lelah sebagai pelatih Barcelona. Saya berbicara dengannya dari waktu ke waktu, tapi tak pernah membahas hal ini. Namun, saya mengerti mengapa ia pergi," ungkap Lopetegui seperti dikutip Mundo Deportivo.

Dalam konferensi pers usai laga Barcelona melawan Gijon, Enrique memang sempat menjadikan lelah sebagai salah satu alasannya pergi. Ia mengaku tak memiliki banyak waktu istirahat selama melatih Barca. "Ini keputusan sulit tapi tepat. Saya butuh waktu rehat."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puji Enrique

Diyakini, Enrique mulai kewalahan dengan tekanan yang didapat selama beberapa bulan terakhir. Itu karena Barca harus berjuang keras dalam persaingan di La Liga dengan Real Madrid. Mereka juga terancam terdepak dari Liga Champions usai kalah 0-4 dari Paris Saint-Germain pada leg pertama 16 besar.

Julen Lopetegui (Reuters /Matthew Childs)

Meski begitu, menurut Lopetegui, Enrique tak perlu merasa menjadi pelatih gagal di Barca. Itu karena Enrique sudah memenangkan delapan gelar sejak diangkat sebagai pelatih pada musim panas 2014.

"Ini adalah keputusan pribadi yang sangat bijaksana dan tentu saja, menurutnya adalah yang terbaik. Apa yang bisa ia banggakan adalah jumlah trofi yang dimenangkan untuk Barcelona. Ia telah membuktikan dirinya sebagai pelatih kelas dunia," papar Lopetegui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.