Sukses

18 Pemain Lolos Seleksi Tahap Pertama Timnas Indonesia U-19

Seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-19 akan dilakukan di Pekanbaru, Jakarta, Surabaya, dan Makassar dari 6 sampai 12 Maret 2017.

Liputan6.com, Depok - Sebanyak 18 dari 41 pemain lolos seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-19. Selanjutnya, mereka akan mengikuti seleksi tahap kedua yang dilakukan di Pekanbaru, Jakarta, Surabaya, dan Makassar dari 6 sampai 12 Maret mendatang.

"Mereka kami berikan kesempatan kedua. Setelah libur sehari, proses seleksi akan kami lakukan. Untuk peserta lainnya hasil seleksi dari masing-masing Asprov," kata pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri setelah memimpin latihan di lapangan National Youth Training Center, Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/3/2017), seperti dinukil dari Antara.

Meski demikian, dia belum bersedia untuk mengumumkan secara detail nama-nama pemain yang dianggap cukup berpotensi memperkuat skuatnya. Sebab, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya kemampuan, fisik, kesehatan, hingga
psikologi pemain.

"Psikotes sudah kami lalukan. Jadi tidak hanya fisik dan teknik bermain bola saja. Semuanya kami nilai. Untuk psikotes saja kami mendatangkan ahli dari UGM," ucap eks pelatih Bali United itu.

Pada tahap pertama, pemain yang mengikuti seleksi berasal dari PPLP, klub dan Piala Suratin. Sementara untuk tahap kedua, mereka berasal dari seleksi yang dilakukan Asprov PSSI. Seleksi ini adalah yang terakhir sebelum pemusatan nasional yang bakal diikuti 35 pemain.

"Setelah seleksi tuntas, kami punyai waktu tiga hari untuk menentukan nama pemain. Ada 35 nama yang nantinya menjalani
pemusatan latihan nasional. Selama pelatihan nanti akan ada sistem promosi degradasi," papar Indra.

Rencananya, ada 13 pemain Indonesia yang saat ini menimba ilmu di luar negeri akan dipanggil untuk menjalani seleksi pada 6- 10 April. Melihat kemampuan pemain saat ini, Indra optimistis bakal mendapatkan tim yang kuat. Apalagi beberapa pemain hasil seleksi dinilai memiliki kemampuan yang luar biasa.

"Ada sekitar lima pemain yang istimewa. Tapi, kami tidak bisa menyebut siapa dia. Biar tidak besar kepala," tuturnya.

Seleksi nasional tahap pertama Timnas Indonesia U-19 disaksikan langsung Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi. Pria yang juga menjabat Pangkostrad TNI ini berharap para pemain muda bisa menjadi tulang punggung timnas pada Piala AFF U-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.