Sukses

Lompatan Kuda Hitam PBFC ke Final Piala Presiden 2017

PBFC akan berhadapan dengan Arema FC di final Piala Presiden 2017.

Liputan6.com, Jakarta Pusamania Borneo FC (PBFC) akhirnya melaju ke final Piala Presiden 2017. Pesut Etam membalas kegagalan turnamen yang sama dua tahun lalu setelah disingkirkan Persib Bandung di semifinal.

Melangkah ke final sebenarnya jadi prestasi mengejutkan bagi PBFC. Pasalnya, pada Piala Presiden 2017, Pesut Etam tampil dengan pemain-pemain muda di bawah asuhan Ricky Nelson. Sedangkan tim utama yang ditangani oleh Dragan Djukanovic memilih fokus menjalani pemusatan latihan (TC).

Langkah PBFC terseok-seok di babak penyisihan Grup D Piala Presiden 2017. Setelah imbang tanpa gol melawan PS Barito Putera dan Bali United, PBFC keluar sebagai juara grup usai mengalahkan Sriwijaya FC 1-0.

Status kuda hitam pun kian lekat dengan PBFC. Di babak 8 besar, Pesut Etam hanya mampu bermain imbang tanpa gol sepanjang 90 menit melawan runner up grup E, Madura United. Tiket semifinal baru digenggap setelah di babak adu penalti berhasil menang dengan skor 5-4.

Pertarungan sengit berlangsung di babak semifinal. Demi menjaga peluang menuju final, Ricky Nelson memanggil Diego Michiels dan Terens Owang Puhiri untuk bertemu Persib Bandung.

Di leg pertama yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, PBFC menang 2-1. Namun pada leg kedua, giliran Pesut Etam yang tertinggal 1-2 hingga babak normal berakhir. PBFC akhirnya melaju ke final setelah menang dengan skor 2-1 atas Persib lewat drama adu penalti.  Selanjutnya, di babak final, PBFC akan bertemu Arema FC di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (12/3/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertahanan Kokoh

Meski terkesan kesulitan melaju ke finak, Arema sebaiknya waspada terhadap PBFC. Sebab, di bawah asuhan Ricky Nelson, Pesut Etam menjelma sebagai tim dengan pertahanan yang baik.

Pada babak penyisihan grup, PBFC bahkan sama sekali tidak kebobolan. Tiga gol yang kini bersarang ke gawang Pesut Etam, semuanya terjadi pada pertandingan di babak semifinal.

Sementara Arema, sudah kebobolan satu gol di babak penyisihan. Dan tiga gol lainnya bersarang saat tampil di babak semifinal Piala Presiden 2017. Namun Arema boleh bernafas lega karena memiliki gol memasukkan yang lebih baik, yakni 13 gol. Sedangkan PBFC hanya mengoleksi 4 gol.

3 dari 3 halaman

Road to Final

Berikut hasil road to final Pusamania Borneo FC:
Grup D
Pusamania Borneo FC vs PS Barito Putera : 0-0
Bali United vs Pusmania Borneo FC: 0-0
Pusamania Borneo FC vs Sriwijaya FC: 1-0

Perempat final
Pusamania Borneo FC Vs :0-0 (6-5)

Semifinal
Leg 1: Pusamania Borneo FC Vs Persib Bandung: 1-2
Leg 2: Persib Vs Pusamania Borneo FC: 2-1 (5-3)

Final
Pusamania Borneo FC Vs Arema FC?

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.