Sukses

Kiper Muda Persiba Siap Bersaing di Timnas U-22

Kiper Persiba Kurniawan Kartika Ajie merasa senang dipanggil Luis Milla

Liputan6.com, Balikpapan - Kiper muda Persiba Balikpapan, Kurniawan Kartika Ajie, kembali akan mengikuti seleksi Timnas U-22 di Karawaci, Tangerang pada 7 hingga 9 Maret 2017 nanti. Dia dipanggil pelatih timnas, Luis Milla, untuk menjalani proses seleksi tahap ketiga.

“Saya memang optmistis akan dipanggil kembali ikut seleksi tahap tiga,” kata kiper yang akrab disapa Ajie saat dihubungi, Selasa (7/3/2017).

Ajie mengaku senang pelatih asal Spanyol ini kembali memanggilnya guna menjalani seleksi timnas. Namun, pemain kelahiran 21 tahun silam itu, harus bersaing dengan pemain berbakat lain, seperti Mochamad Dicky Indrayana, Satria Tama Hardianto dan Ravi Murdianto.

“Saya siap bersaing untuk mendapatkan tempat di timnas, dan saya cukup optimistis bisa lolos seleksi. Sekitar 80 persen saya optimistis bisa tembus skuat timnas,” ujar penjaga gawang Persiba ini.

Ajie menyatakan, akan berjuang 100 persen agar mampu menembus posisi timnas di masa kepelatihan Luis Milla ini. Aji memang sudah lama bercita-cita masuk timnas agar bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Ada kesempatan saat ini harus diperjuangkan dan tidak disia siakan lagi,” katanya.

Dia pun mengaku senang bisa mendapat kesempatan mengikuti seleksi timnas, karena mendapat suasana baru dan ilmu baru bersama pelatih kiper berpengalaman Eduardo.

“Tentu saya senang ada suasana baru selama mengikuti seleksi tahap satu dan tahap dua, dan banyak ilmu yang saya dapat dari pelatih kiper Eduardo,” ujarnya.

Aji memang mendapat kepercayaan dari pelatih Persiba, Timo Scheunemann, dalam turnamen Piala Presiden lalu. Sebelumnya, Ajie lebih banyak menghangatkan bangku cadangan Persiba kala turut meramaikan kompetisi Indonesia Soccer Championship 2016 lalu.

Penampilannya yang apik di turnamen Piala Presiden ternyata cukup mengesankan Luis Mila. Meskipun Persiba tersisih, Luis Milla memperhatikan performa Ajie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiper Pengganti

Kepergian Ajie, membuat Persiba terpaksa harus mencari alternatif kiper pengganti. “Memang hasil rapat evaluasi kita akan tambah kiper lagi,” ujar Timo.

Timo menyebutkan, Persiba mencari figur kiper lokal Balikpapan yang punya kemampuan di atas rata-rata. Dia berpendapat, bibit bibit muda Balikpapan punya potensi untuk dibawa dalam level kompetisi negeri ini.

“Sebelumnya kita akan cari kiper yang sudah berpengalaman, tapi kemudian kami tim pelatih dan manajemen memutuskan untuk mencari kiper muda Balikpapan,” ungkapnya.

Namun demikian, Timo mengakui, kepastian mencari kiper baru juga disesuaikan dengan jadwal latihan timnas U 22. Hingga kini, Luis Mila belum mengumumkan posisi pemusatan latihan pemain timnas lolos seleksi.

“Kalau latihannya selama empat bulan di luar negeri, tentunya kami akan mencari pemain pengganti,” tegasnya.

“Jadi kita belum bisa cari kiper baru sebelum ada kepastian dari Ajie, termasuk program latihannya. Karena yang saya dengar pemain dikembalikan ke klub masing-masing, karena Ketua PSSI justru menginginkan mereka tampil di kompetisi,” ujarnya.

Bergabungnya Ajie ke tim nasional U-22 tentu membuka peluang bagi dua kiper Persiba Yoewanto Setya Beny dan Dedi Haryanto untuk memperbutkan kiper utama. Karena dalam turnamen Piala Presiden Kurniawan Kartika Ajie yang justru jadi kiper utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini