Sukses

4 Pemain Serie A Paling Banyak Tampil Selain Maldini

Permainan Maldini cukup bersih hanya tiga kali mendapat kartu merah

Liputan6.com, Jakarta Legenda AC Milan, Paolo Maldini sampai saat ini tercatat sebagai pemain klub Italia yang paling banyak tampil. Selama 24 tahun berkarier di tim Milan senior, ia tampil sebanyak 886 kali. Khusus di kompetisi Liga Italia Serie A, ia tampil 647 kali.

Permainan Maldini sebagai bek pun cukup bersih. Dari seluruh penampilannya tersebut, ia hanya tiga kali mendapat kartu merah, dan 80 kartu kuning. Selain itu, ia juga turut menyumbang 35 gol dan 8 assist.

Banyaknya Maldini bermain tidak terlepas dari kondisinya; jarang cedera dan menjadi kapten selama berpuluh-puluh tahun.

Selain Maldini, ada sejumlah pemain lainnya yang juga banyak tampil untuk klubnya. Ada yang tampil untuk hanya satu klub dan ada pula yang bermain untuk klub yang berbeda-beda. Berikut lima pemain lainnya yang paling banyak tampil di Serie A.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Javier Zanetti

Menurut catatan sepanjang sejarah, Javier Zanetti adalah pemain Serie A terbanyak kedua yang paling banyak tampil membela klubnya. Ia membela Inter Milan selama 19 tahun, dan tampil sebanyak 852 kali. Sedangkan khusus di Serie A ia tampil di 614 pertandingan.

Hingga pensiun pada tahun 2014 lalu, posisi Zanetti sebagai bek kanan I Nerazzuri tak pernah tergantikan. Ia termasuk pemain yang jarang cedera dan selalu menjadi pilihan utama.

Selepas pensiun, Zanetti tetap berada di Inter dan masuk dalam jajaran petinggi klub. Sekarang, ia menjabat Wakil Presiden Inter Milan.

3 dari 5 halaman

2. Francesco Totti

Hingga kini, Francesco Totti sudah bermain di 773 pertandingan AS Roma. Khusus di Serie A, jumlah penampilannya pun sedikit lagi akan menyalip Javier Zanetti. Hingga kini, ia sudah bermain di Serie A sebanyak 612 kali. Ia hanya butuh tiga pertandingan lagi untuk melampaui Zanetti.

Pangeran AS Roma itu sudah membela Roma sejak kanak-kanak. Total ia sudah membukukan 306 gol dan 122 assist bagi Roma.

Totti sebenarnya bisa bermain lebih banyak dari jumlah tersebut. Hanya saja, cedera kerap menghantuinya hingga membuatnya banyak duduk di bangku cadangan. Sampai saat ini pun semangatnya untuk bermain belum juga kendur.

4 dari 5 halaman

3. Gianluigi Buffon

Di atas Totti, ada Gianluigi Buffon, yang sudah bermain untuk klubnya sebanyak 819 kali. Hanya saja, jumlah tersebut ditorehnya dari dua klub yang berbeda. Di Parma, ia bermain sebanyak 210 kali, dan di Juventus sebanyak 609 kali.

Di kompetisi Liga Italia Serie A, Buffon menandai penampilannya yang ke-612  usai tampil membela Juventus saat ditahan imbang Udinese hari Minggu (5/3/2017). Jumlah tersebut menyamai jumlah penampilan Totti.

Namun, melihat dari peluang bermain dan usia, Buffon lebih memungkinkan untuk bermain lebih banyak lagi ketimbang Totti. Buffon selalu menjadi kiper utama, sementara Totti lebih sering dicadangkan.

5 dari 5 halaman

4. Andrea Pirlo

Meski tak lagi membela klub Italia, jumlah penampilan Andrea Pirlo cukup banyak. Sampai sejauh ini, gelandang 37 tahun itu sudah memainkan sebanyak 734 pertandingan. Khusus untuk klub Serie A, jumlah tersebut hanya dikurangi 47 pertandingan (membela New York City). Artinya, ia bermain sebanyak 687 pertandingan untuk klub Serie A.

Khusus di Serie A, Pirlo tampil di sebanyak 493 pertandingan. Antara lain untuk AC Milan (284), Juventus (119), Inter Milan (22), Brescia (40), dan Reggina (28).

Dari seluruh penampilannya, pemilik tendangan bebas mematikan itu membukukan 73 gol, 85 assist, 90 kartu kuning, dan dua kartu merah. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.