Sukses

Striker Jepang Jadi Pemain Tertua yang Tampil di Liga Resmi

Pemain veteran Jepang, Kazuyoshi Miura melewati rekor pemain Inggris, Stanley Matthews.

Liputan6.com, Jakarta Pemain veteran Jepang, Kazuyoshi Miura, mencatatkan rekor baru dalam perjalanan kariernya sebagai pesepak bola profesional. Pemain tim divisi II J League, Yokohama, itu tampil di usia 50 tahun tujuh hari, dan menjadi pemain tertua di dunia yang masih tampil di kompetisi resmi.

Miura mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh pemain asal Inggris, Stanley Matthews. Dia terakhir kali tampil memperkuat Stoke City menghadapi Fulham, 1965 di usia 50 tahun 5 hari. 

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Miura memperkuat Yokohama saat menahan imbang V-Varen Nagasaki 1-1, Minggu (5/3/2017). Dalam pertandingan tersebut Miura tampil selama 54 menit.

"Sebenarnya, saya tidak merasa melewati legenda. Saya mungkin melampauinya dalam hal umur panjang, tapi saya tidak akan mampu menyamai statistiknya dan kariernya," ujar Miura merendah.

Di awal-awal kariernya, Miura pernah memperkuat tim asal Brasil Santos dan klub Italia Genoa. Selanjutnya dia berpindah-pindah klub di negara asalnya, Jepang. Karier profesionalnya sendiri dimulai pada tahun 1986 dan semakin terkenal lewat selebrasi gol unik bernama 'Tarian Kazu'.

Sepanjang kariernya, Miura telah memperkuat timnas Jepang sebanyak 89 kali dan mencetak 55 gol. Namun hingga saat ini, dia belum sekalipun tampil di Piala Dunia. Saat direkrut pada usia 50 tahun, Januari lalu, Miura bertekad untuk tetap memberikan performa terbaiknya bersama klub.

"Saya harap bisa tetap berjuang bersama orang-orang yang ada di klub, rekan satu tim, dan juga suporter yang selalu memberikan saya dukungan," kata Miura. Tahun lalu, Miura menjadi pemain tertua sepanjang sejarah liga Jepang yang berhasil mencetak gol. Saat itu, usianya 49 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini