Sukses

Dovizioso Kritik Keras Aturan Dorna Soal Sayap

Dovizioso menyebut aturan itu bukan untuk keselamatan pembalap melainkan untuk menjegal tim Ducati.

Liputan6.com, Bologna - Andrea Dovizioso dikenal sebagai pembalap yang sangat vokal. Dia pun terpancing untuk mengomentari aturan baru Dorna Sports yang tidak mengizinkan penggunaan winglet (sayap) pada bagian motor Desmocedici GP17.

Alasan yang mendasari Dorna menghapus sayap lantaran winglet sering dianggap membahayakan keselamatan pembalap. Menurut Dovizioso, sangat mustahil jika berpikir tentang keselamatan.

Diakuinya, ini bukan tentang keselamatan pembalap melainkan produsen lain berusaha untuk menjegal agar tim Ducati tidak meraih prestasi di ajang balap MotoGP.

Dovi menjelaskan sebenarnya bukan perkara yang mudah untuk mencari solusi pengganti sayap, sebab tim telah menghabiskan waktu yang lama untuk mengembangkan evolusi ini.

"Ducati telah menghabiskan waktu banyak untuk mengembangkan sayap. Ketika tim sudah merasakan mendapat keuntungan, tim lain mulai berkomentar dengan mempertanyakan alasan keamanan. Itu jelas adalah hal yang mustahil mengingat winglet bukan untuk menjatuhkan lawan tapi memperkuat aerodimanis motor," ujar Dovi seperti dikutip Sportfai.

"Tim lain ingin mengambil keuntungan ini, dan berbicara tentang keamanan seolah-olah sayap berbahaya. Padahal yang lebih tepatnya, mereka tidak ingin menghabiskan uang untuk melakukan penambahan chasing pada motor," tutup Dovizioso.(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.