Sukses

5 Bintang Dunia yang Gagal Dibeli MU

Selain melakukan pembelian gagal dan sia-sia, MU juga telah sering kalah bersaing dalam perebutan pemain di lantai bursa.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) beberapa kali memecahkan rekor transfer, baik dalam negeri sampai transfer dunia. Manajemen klub tak ragu menggelontorkan dana besar untuk membeli pemain berkualitas demi sebuah prestasi.

Banyak bintang dunia yang sudah pernah membela Setan Merah, tapi tak semuanya cukup memberi kontribusi. Dibeli dengan nilai fantastis, mereka gagal mengesankan manajer tim, misalnya saja Bastian Schweinsteiger, Matteo Darmian, sampai eks-winger Real Madrid Angel Di Maria.

Selain melakukan pembelian gagal dan sia-sia, MU juga telah sering kalah bersaing dalam perebutan pemain di lantai bursa.  Mantan manajer Sir Alex Ferguson contohnya, yang sudah membidik kiper bertalenta Petr Cech dari klub Prancis, Rennes.

Cech akhirnya datang ke Chelsea pada 2004 dan ambil bagian di era kejayaan The Blues. Saat ini sang penjaga gawang membela Arsenal dan menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang.

Lebih jauh, masih banyak pemain bintang yang nyaris dibeli MU sejak era kepelatihan Ferguson sampai Louis van Gaal tiba pada 2014 lalu. Berikut ulasanya seperti dilansir dari Daily Star.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sergio Ramos

Bermain di Liga Inggris bakal jadi pengalaman baru untuk Ramos andai dia menerima tawaran dari MU. MU sangat ingin membeli Ramos pada 2015 lalu tapi Real Madrid memagari bek subur itu dengan sebuah kontrak baru.

Pada 17 Agustus 2015 Ramos setuju dengan perpanjangan kontrak selama lima tahun hingga 2020. Dia langsung mendapat kepercayaan menjadi kapten setelah kiper Iker Casillas ditransfer ke FC Porto.

3 dari 6 halaman

2. Petr Cech

Sir Alex Ferguson sudah mengawasi Cech sejak 2003 saat sang pemain masih membela Rennes. Ferguson berpendapat dia masih terlalu muda, 21 tahun, untuk jadi kiper MU.

Setahun kemudian Cech bergabung dengan Chelsea. Bersama klub London Barat itu pemain Republik Ceko tersebut mendapatkan banyak gelar, yakni Liga Inggris (4), Piala FA (4), hingga juara Liga Champions 2011/2012.

4 dari 6 halaman

3. Blaise Matuidi

Menurut pengakuan mantan asisten manajer MU, Phil Neville, David Moyes mencoba untuk mendatangkan bintang Paris Saint-Germain pada 2013 tapi proposal dari klub Inggris tersebut ditolak. Pada 26 Februari 2014 Matuidi pun sepakat dengan kontrak barunya di PSG hingga Juni 2018.

Pemain kelahiran Toulouse tersebut meraih banyak gelar di PSG, mulai dari empat kali juara Ligue 1, 2 trofi Piala Prancis, sampai gelar individu sebagai Pemain Terbaik Prancis 2015.

5 dari 6 halaman

4. Gareth Bale

Pemain timnas Wales tersebut meninggalkan Tottenham Hotspur pada 2013 menuju Real Madrid. Selama bursa transfer berlangsung MU berusaha menyalip Madrid untuk mendapatkan tanda tangan Bale.

Sayang usaha tersebut gagal karena pada 1 September 2013, El Real mengumumkan kesepakatan mereka bersama Bale selama enam musim. Barulah pada 2016 nilat transfer pemain 27 tahun tersebut terkuak, yaitu sebesar 80 juta pound sterling.

6 dari 6 halaman

5. Eden Hazard

Winger Chelsea ini sudah menjadi target MU pada 2012, saat masih membela Lille tapi The Blues sukses mendapatkan tanda tangan Hazard lebih dulu. Pada 4 Juni 2012, Chelsea mengonfirmasi lewat laman resminya bahwa telah mendapatkan sang pemain dengan nilai transfer 32 juta pound sterling.

Pemain 26 tahun tersebut saat ini menjadi salah satu sosok kunci dalam permainan gemilang Chelsea. Kontrak Hazard sendiri baru berakhir pada 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini