Sukses

Rossi Kehilangan Sosok John Surtees

Rossi hampir mengikuti jejak John Surtees membalap di Formula 1.

Liputan6.com, Losail - Valentino Rossi kehilangan sosok John Surtees. Legenda MotoGP dan Formula 1 itu meninggal pada usia 83 di Rumah Sakit St Georges, London, Inggris, 10 Maret lalu.

"Ini adalah duka yang mendalam, karena dia adalah satu-satunya yang pernah memenangkan Formula 1 dan kejuaraan (motor) 500cc. Jadi dia telah melakukan sesuatu yang sangat spesial," kata Rossi seperti dilansir Crash, Minggu (12/3/2017).

Surtees memenangi gelar juara dunia MotoGP dua kali, yakni 1956 dan 1958-60. Sementara untuk Formula 1, ia menjuarainya pada 1964.

"Saya cukup beruntung, saya pernah bertemu dia, tiga atau empat kali dan dia masih terlihat sehat. Delapan puluh tiga tahun itu adalah tahun yang panjang," ucap pembalap Movistar Yamaha itu.

Ada satu kenangan yang sulit dilupakan pria Italia tersebut, terutama saat mendengar pernyataan Surtees ketika diwawancarai Crash pada 2004 lalu. Saat itu, dia berkata jika The Doctor adalah pembalap yang mampu menyamai rekor pribadinya,

"Jika ada orang yang bisa melakukannya kemudian adalah Rossi. Sebab dia adalah pembalap sejati," ucap Surtees saat itu.

Rossi memang hampir mengikuti jejak Surtees. Juara dunia sembilan kali di kelas berbeda itu nyaris pindah ke Formula 1. Tapi, itu urung dilakukannya. "Sayang Valentino menolak untuk pindah karena cintanya dengan MotoGP," turur Graziano Rossi, ayah Rossi.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini