Sukses

Cristian Gonzales Menggila, Arema Juara Piala Presiden 2017

Cristian Gonzales cetak hattrick, Arema menang 5-1 atas PBFC di final Piala Presiden 2017.

Liputan6.com, Bogor - Arema FC menjadi juara Piala Presiden 2017 setelah menang 5-1 atas Pusamania Borneo FC (PBFC) dalam laga final yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (12/3/2017). Cristian Gonzales menggila dengan mencetak hattrick untuk Arema dalam laga itu.

Pusamania Borneo FC (PBFC) menggebrak lebih dulu di awal pertandingan. Kurnia Meiga jadi penyelamat Arema FC di bawah mistar gawang setelah dua kali membendung peluang PBFC lewat Rifal Lastori dan Reinaldo Da Costa pada menit keempat.

Arema membalas melalui Cristian Gonzales, namun tendangannya pada menit kedelapan masih belum menemui sasaran. Pada menit ke-15, Gonzales lagi-lagi mengancam, tapi bola hasil sepakannya masih melambung di atas gawang PBFC.

Dua menit berselang, Arema menekan, tendangan Nasir masih diblok Wawan Hendrawan. Arema akhirnya mampu menjebol gawang PBFC pada menit ke-30 melalui Hanif Sjahbandi.

Gol bermula dari tendangan bebas Adam Alis, yang menyebabkan kemelut di depan gawang PBFC. Hanif yang berdiri bebas melepaskan tendangan yang menghujam gawang tim berjulukan Pesut Etam tersebut.

Keunggulan Arema bertambah menjadi 2-0 pada menit ke-36 setelah Michael Orah melakukan gol bunuh diri. Back pass Michael Orah tidak bisa diantisipasi oleh kiper PBFC, Wawan Hendrawan, bola mendatar masuk ke pojok kiri gawang.

Serangan terus dilakukan pasukan Aji Santoso di jantung pertahanan PBFC. Sayangnya, lini belakang PBFC malah kerap melakukan blunder, back pass Dirkir Glay pada menit ke-40 nyaris disambar Gonzales, beruntung bola terlalu cepat.

Pada menit ke-41, Gonzales menggetarkan jala gawang PBFC untuk membawa Arema memimpin 3-0 atas PBFC. Back pass Dirkir Glay kali ini diambil Gonzales, yang kemudian melepaskan tembakan tanpa bisa diblok Wawan. Skor 3-0 bertahan hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Arema FC sama sekali tidak mengendurkan serangan mereka mesti sudah unggul 3-0 atas PBFC. Tekanan terus diperlihatkan anak-anak asuhan Aji Santoso ke pertahanan Pesut Etam.

Pada menit ke-53, Arema menambah keunggulan mereka jadi 4-0 atas PBFC. Gonzales kembali mencatatkan namanya di papan skor, ia lepas dari jebakan offside saat menerima bola dari Esteban Vizcarra.  

PBFC mencoba keluar menyerang demi mencuri gol. Kurnia Meiga melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-59 menggagalkan peluang Patrich Wanggai. Gonzales mencetak hattrick dalam pertandingan ini, tepatnya pada menit ke-63 ketika dia menerima umpan dari Vizcarra. Penyelesaian akhir Gonzales mengecoh Wawan

Hendrawan, bola dengan mudah masuk ke gawang PBFC. Arema unggul 5-0 atas PBFC. Belum menyerah, tim besutan Ricky Nelson masih berupaya memperkecil ketinggalan.

Pada menit ke-65, tendangan bebas striker PBFC, Reinaldo Da Costa masih mampu ditepis Kurnia Meiga. Dua menit kemudian, gawang Arema akhirnya bobol juga setelah terjadi kemelut di depan gawang. Sundulan Firly Apriansyah  menggetarkan jala gawang Singo Edan, skor pun berubah menjadi 5-1.

Patrich Wanggai dan kawan-kawan mencoba melancarkan serangan demi mengejar ketinggalan mereka. Namun, Arema sesekali juga mengancam lewat serangan balik yang berbahaya.

Tembakan Vizcarra pada menit ke-79 masih melebar dari gawang Pesut Etam. Vizcarra kembali mendapat kesempatan pada menit ke-87, sundulannya menyambut bola sepak pojok Ferry Amman Saragih masih menyamping dari gawang Wawan Hendrawan.

Saling serang terjadi di sisa waktu pertandingan, tapi tidak ada lagi gol tercipta hingga laga usai. Arema FC menjadi juara Piala Presiden 2017 setelah menang 5-1 atas PBFC.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Susunan pemain:

PBFC: Wawan Hendrawan; Diego Michiels, Dirkir Kohn Glay, Yamashita Kunihiro (Firly 26'), Michael Yansen Orah (Fandi Ahmad 56'); Terens Puhiri (Abdul Aziz Lutfi 62'), Asri Akbar, Wahyudi Hamisi, Rifal Lastori (Zulvin Zamrun 56'); Patrich Wanggai, Reinaldo Da Costa.

Arema FC:  Kurnia Meiga; Syaiful Indra Cahya (Benny Wahyudi 62'), Arthur Cunha, Bagas Adi Nugroho, Johan A. Farizi; Hanif Sjahbandi (Dendi 46'), Adam Alis, Felipe Bertoldo (Dedik Setiawan 62'), Esteban Vizcarra; Cristian Gonzales, Nasir (Ferry Amman
Saragih 46').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.