Sukses

5 Winger Tajam di Serie A Musim Ini

Liputan6.com, Jakarta Setiap klub sepak bola biasanya tidak hanya mengandalkan penyerang sebagai pembobol gawang lawan. Banyak klub yang justru memaksimalkan peran gelandang sayap atau winger untuk mencetak gol. Sebagian ada pula yang sengaja menempatkan striker hanya untuk membuyarkan konsentrasi pertahanan lawan demi membuka ruang bagi para winger tersebut. 

Untuk mendukung perannya, pelatih akan menempatkan gelandang sayap ke barisan depan mendampingi striker. Formasi yang digunakan biasanya akan menempatkan tiga pemain di lini depan, seperti 3-4-3 atau 4-3-3.

Namun, winger yang dapat memaksimalkan perannya untuk mencetak gol tak banyak jumlahnya. Kebanyakan mereka hanya menjadi penyuplai assist bagi penyerang murni. Maka dari itu, pemain sayap yang tajam dan subur akan mendapatkan perhatian besar dari publik sepak bola.

Di Serie A, ada sederet winger yang mencuri perhatian berkat penampilan apiknya. Selain rutin menyuplai umpan-umpan untuk striker, mereka juga rajin mencetak gol. Berikut lima winger di Serie A yang termasuk subur musim ini.

 

1 dari 6 halaman

1. Federico Bernardeschi

Federico Bernardeschi tumbuh menjadi bintang baru di Serie A dalam dua musim terakhir berkat penampilan gemilangnya. Musim ini saja, ia sudah mengemas 13 gol dan 5 assist dalam 34 penampilan.

Bernardeschi merupakan pemain kidal. Namun, ia lebih nyaman bermain di sayap kanan, atau penyerang sayap kanan. Ia memiliki akurasi tendangan di atas rata-rata. Dengan akurasi tendangannya, ia dipercaya sebagai algojo bola-bola mati Fiorentina.

Atas penampilan gemilangnya, Bernardeschi kini tengah diincar banyak klub besar. Antara lain Inter Milan, AC Milan, Chelsea, dan Manchester United. Ia disebut-sebut sebagai The Next Arjen Robben. Bersama La Viola, ia terikat klausul pelepasan senilai 70 juta euro.

 

2 dari 6 halaman

2. Suso

AC Milan patut bersyukur memiliki Suso. Di tengah-tengah krisis pemain bintang karena faktor keuangan, kehadiran pemain berusia 23 tahun itu cukup mampu menghibur para fans I Rossoneri. Ia termasuk salah satu pemain kunci Milan musim ini.

Seperti Bernardeschi, Suso juga merupakan pemain kidal yang kerap bermain di posisi sayap kanan. Ia justru jarang bermain di sayap kiri. Sesekali ia juga bisa ditempatkan di tengah.

Soal ketajaman atau naluri mencetak gol, Suso tak perlu diragukan. Selain sudah menyumbang sembilan assist, mantan pemain Liverpool itu juga sudah mengemas 6 gol dalam 30 penampilan bagi Milan musim ini.

Baru-baru ini, pemain bernama lengkap Jesús Joaquín Fernández Sáez de la Torre itu mengalami cedera otot pada bagian paha kirinya dan diperkirakan akan absen selama dua pekan. Cedera Suso didapatnya saat Milan menghadapi Chievo akhir pekan lalu, yang berakhir dengan kemenangan 3-1 bagi I Rossoneri.

3 dari 6 halaman

3. Domenico Berardi

Masih muda, tapi sangat berbakat. Begitulah kira-kira predikat yang tak bisa dibantah bagi Domenico Berardi. Umurnya masih 22 tahun, namun ia telah mencuri perhatian banyak klub raksasa. Musim ini saja, dengan kondisi banyak dibekap cedera, winger Sassuolo ini mampu membukukan 7 gol dan 4 assist dalam 16 penampilan.

Berardi masuk dalam deretan bintang muda Serie A saat ini, bersama Andre Belotti (Torino), Federico Bernardeschi (Fiorentina), Suso (Milan), dan Paulo Dybala (Juventus).

Kabar terbaru menyebutkan, mantan pemain Juventus itu akan bergabung dengan Inter Milan musim depan. Selama berseragam Sassuolo, total ia sudah mengemas 56 gol dan 36 assist dalam 150 pertandingan.

 

4 dari 6 halaman

4. Mohammed Salah

Mohammed Salah bisa bermain sebagai penyerang sayap kanan maupun kiri dengan sama baiknya. Dengan insting mencetak golnya yang tinggi, ia menjadi andalan AS Roma dalam membobol gawang lawan.

Kehadiran Salah sangat membantu bagi Edin Dzeko. Manakala striker Bosnia itu mandul, ia mampu keluar sebagai pemecah kebuntuan. Musim ini saja, pemain timnas Mesir itu sudah mengemas 11 gol dan 9 assist dalam 28 penampilan bagi Roma.

Padahal, ia sempat absen beberapa pekan karena harus membela negaranya di ajang Piala Afrika. Karier Salah diyakini masih dapat berkembang mengingat usianya yang baru 24 tahun.

Adapun Salah awalnya dipinjam AS Roma dari Chelsea pada Agustus 2015 dengan biaya 5 juta euro untuk satu musim. Kemudian, tepat pada musim panas tahun lalu, karena dianggap cocok dengan gaya permainan Il Lupi, Salah dipermanenkan dengan harga 15 juta euro.

 

5 dari 6 halaman

5. Ivan Perisic

Berbicara tentang winger Serie A yang rajin mencetak gol, tak lengkap bila tak memasukkan nama Ivan Perisic. Ya, winger asal Kroasia ini telah mencetak 9 gol dan 7 assist dalam 32 penampilan bagi Inter Milan musim ini.

Perisic menjadi salah satu pemain yang banyak dibincangkan musim ini. Penampilan gemilang membuatnya banyak diincar klub-klub Liga Inggris, antara lain MU, Liverpool, dan Chelsea.

Perisic diboyong Inter dari Wolfsburg seharga 16 juta euro pada Agustus 2015. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
4 Pemain Ini Kena Kutukan Nomor 10 di Real Madrid
Artikel Selanjutnya
Wonderkid Leipzig: Liverpool Bukan Klub Besar