Sukses

CV Fantastis Michael Essien, Pernah Bela Chelsea dan Real Madrid

Sebelum gabung Persib, Michael Essien juga sempat berseragam AC Milan dan Olympique Lyon

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung resmi menggaet Michael Essien untuk berkiprah kompetisi Liga 1 Indonesia. Kedatangan Essien terbilang mengejutkan, mengingat Persib sebelumnya mengaku butuh penyerang ketimbang gelandang.

Michael Essien merupakan gelandang asal Ghana yang memiliki Curriculum Vitae (CV) fantastis, karena pernah membela sejumlah klub raksasa Eropa. Pemain berusia 34 tahun itu terakhir memperkuat klub papan atas Yunani, Panathinaikos.

Namun, masa keemasan karier Essien terjadi ketika dia membela Chelsea. Essien dibeli Chelsea dari Olympique Lyon pada Agustus 2005 seharga 45 juta euro.

Dia berstatus pemain Chelsea dari musim panas 2005 hingga Januari 2014. Namun, pada Agustus 2012, Chelsea meminjamkan Michael Essien selama semusim ke Real Madrid, pada Juni 2013 ia kembali ke Stamford Bridge.

Gabung AC Milan

AC Milan menjadi klub Essien berikutnya, tepatnya ketika mereka memboyong sang pemain dari Chelsea pada Januari 2014. Namun, Michael Essien hanya bertahan satu setengah musim di San Siro.

Liberty Professionals merupakan klub pertama Essien, sebelum dia hengkang dari klub Ghana itu tahun 2000 ke klub Prancis, Bastia. Pada 2003, ia meninggalkan Bastia dan bergabung ke Olympique Lyon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.