Sukses

Pengalaman Pahit Essien Sebelum Jadi Bintang: Pernah Ditolak MU

Michael Essien diikat Persib dengan durasi kontrak satu tahun.

Liputan6.com, Bandung - Michael Essien adalah pemain yang memiliki bakat spesial sejak masih anak-anak. Bahkan, klub sekaliber Manchester United (MU) pun sempat berniat merekrutnya. Kala itu kemampuannya diminati pelatih Alex Ferguson.

Sebelum memulai karier profesionalnya, Michael Essien menimba ilmu di akademi Liberty Professionals, sebuah klub profesional Ghana yang berbasis di Dansoman, Accra. Dari sana, ia sudah menarik banyak minat klub Eropa.

Salah satu yang memantau perkembangan Essien adalah MU yang saat itu masih dilatih Ferguson. Tepat di usia 16 tahun, ia pun mendapatkan undangan untuk menjalani percobaan hingga dua kali. Sayang, ada faktor yang membuat Essien gagal berseragam MU.

"Melihat kembali ketika saya masih muda, saat di usia 16-17 tahun, saya melakukan uji coba di klub-klub Eropa. Saya dua kali trial dengan Sir Alex di MU sebelum menetap di Bastia," kata Essien dalam artikel Daily Mail pada 23 September 2010.

Michael Essien yang kini berusia 34 tahun itu menambahkan, "Saya pikir Sir Alex mencari pemain dengan tipe tertentu dan saya tak menjadi pilihannya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Tepat

Pada akhirnya, Essien memutuskan untuk merapat ke Bastia dan bermain selama tiga musim di sana. Bastia pun menjadi batu lompatan bagi pemain kelahiran 3 Desember 1982 untuk pergi ke Olympique Lyon pada musim panas 2003.

Terbukti, pilihan Essien soal perjalanan kariernya sangat tepat. Dari Lyon, ia hijrah ke Chelsea dan memenangi banyak gelar, termasuk Liga Champions 2011/2012. Sayang, kariernya malah meredup usai meninggalkan Chelsea pada musim dingin 2014.

Kini pemain yang mendapat julukan The Bison itu memilih Persib Bandung sebagai pelabuhan kariernya. Sebelumnya, ia sempat menganggur usai pergi dari Panathinaikos pada akhir musim 2015/2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini