Sukses

Media Ghana Kaget Essien Merapat ke Persib

Media luar ramai-ramai memberitakan kepindahan Michael Essien ke Persib Bandung

Liputan6.com, Jakarta Bergabungnya Michael Essien ke Persib Bandung tak hanya menghebohkan publik sepak bola Tanah Air. Media-media luar termasuk, portal berita olahraga asal Ghana, juga ikut memberikatannya.

Ghanasoccernet.com, menuliskan judul, "Eks Pemain Chelsea dan Bintang Ghana Pastikan Perpindahan Mengejutkan ke Indonesia". Media ini mengklaim transfer Essien berlangsung sehari setelah mereka mengungkap secara ekslusif keberadaan eks Real Madrid itu di Indonesia.

Dalam laporannya, Ghanasoccernet.com, menyebut bahwa Essien menjadi pemain dengan bayaran termahal yang merumput di Indonesia saat ini. Pemain berusia 34 tahun itu menerima gaji sebesar 800 ribu euro per tahun. Selama memperkuat Persib, Essien juga akan mengenakan nomor lima.

Bagi publik Ghana, kepindahan Essien ke Indonesia tentu menjadi berita besar. Sebab pemain yang juga pernah memperkuat tim AC Milan itu merupakan salah satu pemain bintang di negaranya.

Essien memperkuat Ghana sejak 2002-2014 dan telah tampil di dua Piala Dunia (2006 dan 2014). Pemain berposisi gelandang bertahan itu juga pernah bermain pada Piala Afika 2002 dan 2008.

Di level klub, Essien sebelumnya sudah memperkuat 7 klub luar negeri, termasuk Chelsea, Real Madrid, AC Milan, Lyon, hingga Panathinaikos. Namun era keemasannya berlangsung saat memperkuat Chelsea dengan koleksi dua gelar Premier League dan satu gelar Liga Champions.

Namun sebelum bergabung dengan Persib, Essien sempat menganggur sejak 2015 setelah meninggalkan klub Yunani, Panathinaikos. Di klub ini, Essien hanya mencetak 1 gol dari 13 laga. Dia sempat didekati oleh tiga klub Swedia, namun memilih tawaran yang lebih tinggi dari Persib.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Essien ke Persib Mendunia

ESPN juga tidak mau ketinggalan. Portal berita olahraga asal Amerika Serikat itu juga memberitakan kepindahan Essien dengan judul,"Essien Gabung Klub Indonesia Persib Bandung".

Dailymail.co.uk, juga menyampaikan hal yang sama. "Michael Essien Gabung Klub Indonesia Persib Bandung Sebagaimana Eks Pemain Real Madrid dan Chelsea itu Ingin Mencari Tantangan Baru," tulis media ternama asal Inggris tersebut terkait kepindahan Essien ke Persib Bandung. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini