Sukses

5 Pemain Serie A yang Harganya Melambung

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia Serie A merupakan salah satu liga terbaik di dunia. Di sana, tertebaran para pemain papan atas, mulai dari yang masih muda sampai yang uzur.

Meski belakangan agak meredup dan kalah populer dibanding Liga Inggris dan Liga Spanyol, hingga jatahnya untuk Liga Champions dikurangi satu, Serie A tetap saja digemari.

Dalam hal membesarkan nama pemain, Serie A juga merupakan tempatnya. Banyak pemain yang datang ke Serie A, lalu tumbuh berkembang di sana. Setelah berkembang, harga pemain tersebut biasanya akan melambung tinggi.

Beberapa nama sudah menjadi bukti. Sebut saja Zinedine Zidane. Datang dari Bordeaux ke Juventus dengan harga "hanya" 3,5 juta euro pada tahun 1996, ia kemudian menjadi pemain termahal di dunia ketika dijual ke Real Madrid pada tahun 2001. Harganya melambung menjadi 73,5 juta euro saat itu.

Yang teranyar dan lebih fantastis lagi adalah Paul Pogba. Direkrut Juventus dari MU secara gratis pada tahun 2012, ia kemudian dijual seharga 105 juta euro musim panas lalu, yang menjadikannya pemain termahal di dunia saat ini.

Selain dua nama tersebut, saat ini ada beberapa pemain di Serie A yang harganya tengah melambung. Berikut lima di antaranya.

1 dari 6 halaman

Paulo Dybala

Paulo Dybala merupakan salah satu pemain di Serie A yang paling banyak disorot saat ini. Ia masih muda, tajam, eksekutor bola mati yang hebat, dan punya kepercayaan diri yang tinggi.

Dibeli dari Palermo seharga 32 juta euro pada musim panas 2015, Dybala tumbuh menjadi salah satu bintang andalan Bianconeri. Musim ini saja ia telah membukukan 14 gol dan 7 assist dalam 31 laga. Terakhir kali ia mencetak gol lewat titik putih saat Juventus mengalahkan FC Porto 1-0 dalam leg II Liga Champions Rabu dinihari WIB (15/3/2017).

Belum lagi genap dua tahun bersama Juventus, harga Dybala sekarang sudah melambung di kisaran 80-90 juta euro. Sejumlah klub raksasa seperti Real Madrid dan Barcelona, siap menampungnya jika dilepas.

2 dari 6 halaman

Leonardo Bonucci

Harga Leonardo Bonucci di pasaran sudah sering diwartakan oleh media. Ya, bek berusia 29 tahun itu pernah ditawar Chelsea dan Manchester City seharga Rp 1 triliun. Namun, Bonucci memilih bertahan bersama Juventus dan memperpanjang kontraknya hingga Juni 2021.

Akan tetapi, upaya Chelsea dan Manchester City belum terhenti. Menyusul pertengkarannya dengan pelatih Massimiliano Allegri, asa dua klub kaya Inggris itu untuk mendapatkan tanda tangan Bonucci kembali terbuka. Kedua klub masih siap membelinya dengan harga Rp 1 triliun.

Harga tersebut tentu sangat tinggi jika dibandingkan harganya saat direkrut Juventus tahun 2010 lalu. Waktu itu nilai transfernya dari Bari "hanya" 10,5 juta euro.

3 dari 6 halaman

Federico Bernardeschi

Federico Bernardeschi adalah salah satu bintang baru di Serie A. Dalam dua musim terakhir, ia mencuri perhatian publik sepakbola lewat penampilan gemilangnya bersama Fiorentina. Khusus musim ini, winger berusia 23 tahun ini sudah mencetak 13 gol dan 5 assist dalam 35 penampilan.

Atas talenta yang dimilikinya, Bernardeschi saat ini dihargai tak kurang dari 70 juta euro. Harga tersebut belum termasuk harga di luar klausul pelepasan yang mengikatnya. Sejumlah klub yang berminat padanya antara lain Inter Milan, AC Milan, Chelsea, Arsenal, dan Manchester United.

Berbeda dengan Dybala atau Bonucci, Bernardeschi tak datang dari mana-mana. Fiorentina mengambilnya dari akademi sepakbola mereka.

4 dari 6 halaman

Andrea Belotti

Saat dibeli Torino dari Palermo pada Agustus 2015, harga Andrea Belotti saat itu hanya 8,4 juta euro. Kini, harga penyerang 23 tahun itu mencapai 100 juta euro atau Rp 1,4 triliun, sesuai klausul rilis yang mengikatnya saat menandatangani kontrak baru belum lama ini.

Tentu saja penampilan Belotti yang membuat harga jualnya bisa melambung seperti itu. Bermain di klub kecil macam Torino, ia tetap mampu tampil Beringas. Bahkan, musim ini, sejauh ini, ia memimpin daftar pencetak gol terbanyak di Serie A dengan 22 gol. Kemasan golnya mengalahkan nama-nama besar dan mahal macam Gonzalo Higuain (19 gol) dan Edin Dzeko (20 gol).

Peminat Belotti pun tentu bukan klub kecil lagi, melainkan klub-klub besar macam Arsenal, Manchester United, Liverpool, Inter Milan, AC Milan, dan Real Madrid.

5 dari 6 halaman

Radja Nainggolan

Pemain lainnya yang harganya tengah melambung tinggi adalah gelandang AS Roma keturunan Indonesia, Radja Nainggolan. Ya, pelatihnya, Luciano Spalletti, bahkan menyebut harganya setara dengan Paul Pogba (105 juta euro). Saat dibeli Roma dari Cagliari pada musim panas 2014, harganya hanya 15 juta euro.

Sejumlah klub yang meminati Nainggolan antara lain Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid. Sejauh ini mereka dikabarkan mereka hanya berani menawar pemain Timnas Belgia itu di kisaran harga Rp 500 - 600 miliar. AS Roma enggan melepasnya dengan harga segitu.

Nainggolan merupakan tipikal gelandang ideal. Selain mampu menyuplai umpan-umpan matang ke depan, ia juga cukup rajin mencetak gol. Terakhir ia mencetak dua gol saat Roma membantai Inter Milan 3-1 di San Siro. Ia selalu menjadi pilihan utama di lini tengah Il Lupi. Musim ini saja, ia sudah tampil 41 kali di semua kompetisi, dan menyumbang 12 gol dan 4 assist.

(Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Inter Milan Bakal Salip Juventus Boyong Wonderkid Lazio
Artikel Selanjutnya
3 Bek Serie A yang Rajin Cetak Gol