Sukses

Monaco Singkirkan Manchester City dari Liga Champions

Monaco mendepak Manchester City dari Liga Champions. berkat aturan gol tandang.

Liputan6.com, Jakarta AS Monaco membuat kejutan besar dengan menyingkirkan Manchester City dari Liga Champions. Kemenangan 3-1 pada leg kedua babak 16 besar di Stadion Louis II, Kamis (16/3/2017) dini hari WIB, sudah cukup meloloskan Monaco ke perempat final.

Kemenangan 3-1 Monaco ini sebenarnya membuat skor agregat imbang 6-6. Namun Monaco yang berhak lolos ke perempat final berkat aturan gol tandang. Pada laga pertama, Monaco mencetak tiga gol di kandang City.

Di laga kali ini Monaco tak bisa menurunkan mesin gol Radamel Falcao karena cedera. Sedangkan Manchester City praktis bisa memainkan kekuatan penuh sejak awal.

Meski tanpa Falcao, Monaco mampu menekan City begitu pertandingan dimulai. Absennya Falcao membuat Monaco kini bertumpu pada trio Kylian Mbappe, Thomas Lemar dan Bernardo Silva.

Monaco sudah mendapat peluang emas pada menit tujuh. Kesalahan Fernandinho membuat Mbappe berhadapan dengan Willy Caballero. Beruntung bagi City, tembakan Mbappe bisa ditepis Caballero.

Namun satu menit kemudian Monaco bisa membuka keunggulan. Umpan dari Silva disambar oleh Mbappe yang berdiri dimulut gawang City. Monaco 1, City 0.

Monaco mencetak gol lagi di menit 15 lewat Mbappe. Namun gol ini dianulir wasit karena Mbappe telah terjebak off-side terlebih dahulu.

Di menit 18, Monaco kembali punya peluang emas. Sayangnya sepakan Germain masih meleset dari sasaran.

Monaco terus menekan Manchester City guna memburu gol kedua. Pasukan Josep Guardiola dipaksa lebih banyak bertahan kesulitan menciptakan peluang berbahaya di depan gawang Monaco.

Laga berjalan setengah jam, Monaco akhirnya bisa menggandakan skor. Kerjasama Lemar dengan Benjamin Mendy dengan baik diteruskan oleh Fabinho yang lolos dari pengawalan pemain City.

Hingga babak pertama berakhir, City tidak mampu keluar dari badai serangan Monaco. Skor 2-0 pun bertahan sampai jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Tertinggal dua gol membuat City meningkatkan tempo permainan di babak kedua. The Citizens bermain lebih agresif mengandalkan tusukan dari kedua sayap yang ditempati Raheem Sterling dan Leroy Sane.

Penetrasi Sane nyaris membuahkan gol untuk City kala laga berjalan satu jam. Sayangnya umpan tarik Sane yang disambar Sergio Aguero masih melambung dari gawang Monaco.

Aguero seharusnya bisa menjebol gawang Monaco di menit 64. Sial bagi pemain Argentina ini, sepakannya dari dalam kotak penalti dengan gemilang ditepis kiper Danijel Subasic.

City akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan di menit 71. Tendangan Sterling yang ditepis Subasic langsung disambar Sane yang berdiri bebas. Skor 1-2 ini sudah cukup meloloskan City ke perempat final.

Sial bagi City, enam menit setelah gol Sane, Monaco bisa mencetak gol lagi lewat gelandang Tiemoue Bakayoko. Pemain incaran Manchester United itu menanduk umpan tendangan bebas Lemar. Gol Bakayoko ini membuat City harus mencetak satu gol lagi bila tidak ingin tersingkir lebih awal dari Liga Champions.

City tak mampu memenuhi target mencetak satu gol lagi hingga peluit panjang ditiup, walau Monaco sudah ditinggal bek tangguhnya Andrea Raggi akibat cedera. City pun harus menelan pil pahit terhenti di 16 besar.

Susunan Pemain:

Monaco: Subasic; Raggi (Toure 70'), Sidibe, Mendy, Fabinho; Jemerson, Bakayoko, Bernardo Silva, Lemar; Germain, Mbappe (Moutinho 81')

City: Caballero; Sagna, Stones, Kolarov, Clichy (Iheanacho 84'); Fernandinho; Sterling, De Bruyne, Silva, Sane; Aguero.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.