Sukses

Marquee Player, Persib Incar Lagi Pemain Asing Pendamping Essien

Essien melengkapi kuota tiga pemain asing Persib untuk Liga 1 musim ini.

Liputan6.com, Jakarta Michael Essien sudah resmi bergabung dengan Persib Bandung. Pemain asal Ghana ini, dikontrak semusim dengan gaji yang dirahasiakan.

Sebelum membela Persib, Essien pernah berseragam beberapa raksasa Eropa. Yakni Real Madrid, AC Milan, hingga Chelsea.

Essien melengkapi kuota tiga pemain asing Persib untuk Liga 1 musim ini. Ini sesuai dengan regulasi baru soal pemain asing.

Seperti diketahui, PSSI menerapkan sistem "2+1+1", yakni dua pemain asing, satu pemain Asia, dan satu marquee player. Sistem ini membuat Persib masih bisa menambah satu pemain asing.

Seperti diketahui, Ketua PSSI, Edy Rahmayadi, menjelaskan bahwa marquee player diperlukan untuk memotivasi pemain lainnya sekaligus menjadi magnet sponsor untuk kepentingan klub. Namun sifatnya tidak wajib dan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan finansial klub.

"Jadi marquee player itu adalah pemain top dunia, baik yang bermain di salah satu dari delapan liga top Eropa dan pernah bermain di putaran final Piala Dunia, setidaknya dalam tiga putaran terakhir Piala Dunia," jelas Edy dalam keterangan persnya.

Kriteria tersebut sudah dipenuhi Essien. Dia pernah bermain di Piala Dunia 2006 dan 2014.

Tidak hanya itu, Essien juga pernah bermain di kompetisi tertinggi Inggris, Spanyol dan Italia yang masuk dari kategori delapan liga top Eropa. Sementara itu, terkait dengan regulasi itu, Persib masih memiliki satu slot pemain asing untuk menemani Vladimir Vujovic.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keuntungan

Manajer Persib Umuh Muchtar mengaku Persib mendapat keuntungan dengan regulasi tersebut. Pasalnya, Persib masih bisa menambah satu pemain asing untuk Liga 1 nanti.

"Kita cari striker asing nanti," kata Umuh.

Essien menjadi pemain termahal yang akan merumput di Indonesia saat ini. Dalam data transfermarket diketahui pasaran Essien mencapai 800 ribu euro atau Rp11 Miliar. Namun manajemen mengaku hanya membayar di bawah Rp10 Miliar setelah tawar-menawar yang cukup alot.

Persib ternyata tidak hanya merogoh kocek yang dalam demi mendatangkan Essien. Sejumlah fasiltias juga harus disiapkan demi kenyamanan mantan gelandang Chelsea tersebut selama berada di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini