Sukses

Juara All England, Kevin / Marcus Peringkat Satu Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon sukses menjuarai All England Open 2017 yang berlangsung di Birmingham, Inggris, pekan lalu. Pada partai final, ganda putra Indonesia itu menaklukkan pasangan Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen, dengan skor 21-19 dan 21-14.

Kevin / Marcus menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke final All England. Sebelumnya, ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sudah tersingkir di perempat final. Sementara itu, juara bertahan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto terhenti di babak pertama.

Sukses menjuarai turnamen bulu tangkis tertua itu membuat posisi Kevin / Marcus di daftar peringkat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) naik empat peringkat.

Berdasarkan daftar peringkat yang dikeluarkan BWF, Kamis (16/3/2017), pasangan yang diduetkan pada 2015 lalu itu kini menempati peringkat satu dunia.

Kevin / Marcus kini mengantongi 73.051 poin usai mendapat tambahan 11.000 poin dengan menjuarai All England. Mereka menggeser pasangan Malaysia, V Shem Goh/Wee Kiong Tan, ke posisi kedua.

1 dari 2 halaman

Jaga Rekor

Lolosnya Kevin / Marcus ke final All England 2017 menjaga rekor Indonesia. Sejak 2012, Indonesia selalu mengirim wakilnya ke final.

Dalam periode itu, hanya sekali pebulu tangkis Indonesia gagal membawa pulang gelar, yakni 2015. Saat itu, Tontowi/Liliyana gagal mempertahankan titel setelah ditumbangkan Zhang Nan/Zhao Yunlei dari Tiongkok.