Sukses

Ini Alasan Andri Syahputra Tak Penuhi Panggilan Timnas U-19

Liputan6.com, Jakarta - Pemain Indonesia yang membela klub Qatar Al Gharafa SC, Andri Syahputra, tidak memenuhi panggilan Timnas U-19. Andri saat ini fokus untuk dengan pendidikan kuliahnya di Qatar.

PSSI memastikan Andri tidak memenuhi panggilan mengikuti seleksi timnas Indonesia U-19. Direktur Media PSSI, Hanif Thamrin, menyebut respons dari orang tua Andri Syahputra tidak mengizinkan putranya mengikuti seleksi timnas U-19 asuhan Indra Sjafri.

"Saya sudah menerima respons dari bapaknya Andri, intinya dia minta untuk tak dibahas lagi soal anaknya ke timnas," ujar Hanif.

"Saya dapatkan pernyataan itu dari kawan saya yang sudah bisa berkomunikasi langsung dengan bapaknya Andri. Karena ketika saya hubungi, baik melalui surat resmi ke pihak akademi maupun telepon langsung ke bapaknya tak pernah dijawab," paparnya.

PSSI telah mengirim surat ke klub dan orang tua Andri untuk memberi izin melepas sang pemain. Andri Syahputra sendiri selain membela Al Gharafa, dia juga masuk daftar Aspire Academy, tempat berkumpulnya bakat-bakat terbaik di Qatar.

"Saya enggak mau anak saya di-DO (drop out) oleh kampus. Mereka (PSSI) harus izin klub dan yang mendidik Andri. Pendidikan nomor satu," ujar ayah Andri, Agus Sudarmanto, dalam pesan singkat kepada Liputan6.com, ketika menanggapi adanya panggilan seleksi dari Timnas U-19.

1 dari 2 halaman

Latihan di Portugal

Menurut Agus, putranya sekarang fokus pendidikan dan karier sepak bolanya di Qatar. Pada Februari lalu, Andri bersama Aspire Academy berlatih di Portugal. Dia juga enggan memastikan apakah anaknya akan datang bila ada panggilan lagi untuk seleksi Timnas U-19.

"Saya serahkan ke Andri (ada panggilan lagi dari Timnas U-19). Sejauh ini dia tenang-tenang saja," ungkap Agus.  

Agus juga berbicara tentang kabar ada tawaran untuk Andri membela Timnas Qatar. "Andri belum info ke saya (Soal kabar ada tawaran bela Timnas Qatar)," ucapnya.

Timnas Indonesia U-19 akan memulai training centre (TC) pada Minggu (19/3) mendatang di Lapangan Atang Sutrisna, Cijantung, Jakarta Timur. TC ini sebagai persiapan menghadapi Piala AFF di bulan September mendatang di Myanmar.

Artikel Selanjutnya
Rezaldi Mangkir dari TC Timnas, Bos Persija Minta Maaf
Artikel Selanjutnya
Pemain Persija Mangkir dari TC Timnas Indonesia, PSSI Murka