Sukses

5 Pemain yang Bersaing Raih Pichichi Musim Ini

Liputan6.com, Madrid - Persaingan panas La Liga Spanyol tidak hanya antarklub untuk memperebutkan trofi. Ketajaman striker untuk mendapatkan trofi pichichi juga tak kalah panasnya.

Nama Pichichi sendiri disadur dari striker legendaris Atletic Bilbao, Rafael Pichichi Noreno. Dia merupakan pemain dengan pencetak gol terbanyak di La Liga pada 1952-53.

Sejak musim 2009-10, trofi ini selalu dimenangkan antara Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Namun, belakangan Luis Suarez mulai menunjukkan daya ledaknya dengan mengemas 35 gol.

Musim ini beberapa pemain tajam seperti Neymar dan Karim Benzema punya peluang kecil untuk menjadi top scorer. Maklum, Neymar baru mencetak delapan gol, sedangkan Benzema satu gol lebih sedikit.

Lalu siapa saja pemain yang berpeluang besar meraih Pichichi La Liga musim ini. Berikut daftarnya dilansir dari berbagai sumber:

1 dari 6 halaman

5. Antoine Griezmann – 13

Atletico memang hampir pasti keluar dari perburuan gelar. Namun, Antoine Griezmann tak tak pernah absen untuk mencetak gol.

Musim ini striker timnas Prancis itu telah mencetak 13 gol dari 26 penampilan. Artinya dia mencetak satu gol tiap 171 menit.

Sayangnya, ketajaman Griezmann masih belum cukup membuat Atletico bersaing merebut gelar La Liga. Namun, ia tetap menjadi sosok penting bagi pelatih Diego Simeone.

Selain 13 gol, Griezmann telah menyumbang enam assist.

2 dari 6 halaman

4. Iago Aspas – 14

Mantan pemain Liverpool ini kembali menemukan performa terbaiknya setelah kembali ke Spanyol. Dia sudah mengemas 14 gol dari 24 laga untuk Celta Vigo musim ini.

Artinya, dia mencetak satu gol setiap 125 menit. Aspas juga mengemas tiga assists.

Hebatnya, dia mencetak 36 persen gol Celta Vigo musim ini. Dengan masih beberapa laga tersisa, maka Aspas bisa saja menjadi peraih pichichi.

3 dari 6 halaman

3. Cristiano Ronaldo - 19

Meskipun Ronaldo agak melambat di awal musim karena cedera, tapi belakangan sukses mengembalikan kpercayaan dirinya. Dia belakangan juga tokcer dan mencetak hattrick saat Madrid mengalahkan 3-0 Atletico Madrid dalam derby terakhir di Vicente Calderon.

Pemain Portugal ini telah mengemas 19 gol dari 21 laga. Dia juga memiliki tiga assists untuk melengkapinya. Ronaldo sendiri memang memiliki jumlah gol tertinggi dari penalti.

Faktanya, mantan pemain Manchester United itu menyumbang 28 persen dari gol Madrid di timnya. Mengingat dia sering mengemas hattrick, bukan tak mungkin bisa menyodok ke posisi utama.

4 dari 6 halaman

2. Luis Suarez – 21

Luis Suarez tengah dalam permainan yang fenomenal musim ini. Suarez telah menyumbang 21 gol dan sembilan assist untuk Barca di La Liga.

Hebatnya, sama seperti di Inggris ketika membela Liverpool, ia tak pernah mengemas gol melalui penalti. Penyerang asal Uruguay ini sangat berbahaya di depan gawang karena dia mencetak satu gol setiap 95 menit.

Apalagi Barcelona seperti memberikan dukungan maksimal agar Suarez menjadi top scorer. Cukup menarik dinantikan hasil pada akhir musim nanti.

5 dari 6 halaman

1. Lionel Messi – 23

Bukan hal kejutan melihat Messi bertengger di puncak pencetak gol musim ini. Kolaborasinya dengan Suarez bersama Barca membantu klubnya terus menekan Real Madrid di puncak klasemen.

Dia telah mengantongi 23 gol yang artinya cetak gol setiap 85 menit. Bintang Argentina ini mencetak gol dengan 58 persen dari tembakan.

Messi sendiri menyumbang 30 persen dari semua gol Barcelona. Dia juga punya tujuh assist untuk namanya. (Indra E Setiawan)

Artikel Selanjutnya
3 Bintang Serie A Calon Pemain Terbaik FIFA 2017
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Tiga Kandidat Pemain Terbaik UEFA 2017