Sukses

Drawing Liga Champions: Rekor Pertemuan Klub 8 Besar

Liputan6.com, Nyon - Drawing Liga Champions menghadirkan empat duel menarik. Namun, ada dua laga besar yang menjadi perhatian pecinta sepak bola.

Duel tersebut adalah pertemuan Juventus dan Barcelona, serta pertarungan kelas berat antara Bayern Muenchen dan Real Madrid.

Drawing Liga Champions, yang berlangsung di markas UEFA, Nyon, Swiss, Jumat (17/3/2017), juga menciptakan partai tidak kalah penting. Finalis musim lalu Atletico Madrid menghadapi wakil tersisa Inggris Leicester City.

Sementara Borussia Dortmund menghadapi tim kejutan asal Prancis, AS Monaco, yang menyingkirkan Manchester City, di 16 besar.

Seperti apa rekor pertemuan drawing Liga Champions tersebut? Berikut catatannya berdasar rekam UEFA.

1 dari 5 halaman

Atletico Madrid vs Leicester City

Leicester City sudah bertemu Atletico Madrid empat kali di pentas Eropa. (AP/Rui Vieira)

Tidak seperti laga lain, partai ini mempertemukan tim yang belum pernah menjuarai Liga Champions.

Meski begitu, Atletico sudah bertemu Leicester empat kali di pentas Eropa. Mereka menunjukkan dominasi dengan meraih tiga kemenangan dan sekali imbang.

Atletico merobek gawang Leicester tujuh kali pada kesempatan tersebut dan hanya kebobolan dua gol.

2 dari 5 halaman

Juventus vs Barcelona

Pada final Liga Champions 2014-2015, Barcelona sukses menumbangkan Juventus 3-1. Hasil tersebut memperbaiki rekor pertemuan mereka melawan raksasa Italia tersebut.

Barcelona kini meraih tiga kemenangan di tujuh pertemuan. Juventus berjaya dua kali, dengan dua partai lainnya berakhir sama kuat.

Juventus dikalahkan Barcelona pada final Liga Champions 2014-2015. (EPA/Thomas Eisenhuth)

Duel keduanya pun relatif ketat. Barcelona cuma menghasilkan 10 gol melawan Juventus. Sebaliknya, mereka kebobolan tujuh kali. 

3 dari 5 halaman

Bayern Muenchen vs Real Madrid

Duel paling sering terjadi. Laga ini mempertemukan pemenang 16 gelar Liga Champions.

Dari 22 pertemuan, Muenchen berada di atas angin dengan meraih 11 kemenangan berbanding sembilan milik Madrid, dan sisanya berakhir imbang. Produktivitas turut mengunggulkan Muenchen yakni 33-31.

Real Madrid bertemu Bayern Muenchen di semifinal Liga Champions 2013-2014. (AFP/Javier Soriano)

Namun, Madrid sukses menunjukkan dominasi pada dua duel terakhir. Mereka menang agregat 5-0 pada semifinal Liga Champions 2013-2014.

4 dari 5 halaman

Borussia Dortmund vs AS Monaco

Satu-satunya pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, hal ini bisa dimengerti mengingat keduanya jarang lolos kompetisi Eropa.

Meski begitu, pertemuan mereka menjanjikan banyak gol. Sebab, kedua tim acap bermain terbuka serta menyerang membabi buta.

Kedua tim juga sudah menunjukkan kemampuan memorak-porandakan lini belakang lawan. Menghancurkan Legia Warsaw 6-0 dan 8-4 pada fase grup, Dortmund lalu menumbangkan Benfica 4-0 dalam perjalanan menuju perempat final. Sedangkan Monaco menyingkirkan Manchester City dengan merobek gawang anak buah Pep Guardiola lima kali.

Borussia Dortmund akan saling serang melawan AS Monaco. (AFP/Patrik Stollarz)

Artikel Selanjutnya
Blunder Keputusan, Wasit La Liga Minta Maaf pada Barcelona
Artikel Selanjutnya
Prediksi Selandia Baru Vs Portugal: Rotasi Seleccao