Sukses

4 Kiper Liga Inggris Terbanyak Lakukan Penyelamatan Musim Ini

Liputan6.com, London - Peran penjaga gawang atau kiper sama pentingnya dengan posisi-posisi lain di dalam tim sepak bola. Kiper menjadi palang pintu terakhir menjaga gawang tim agar tidak dijebol lawan.

Aksi-aksi heroik juga kerap diperlihatkan oleh para kiper dalam upaya menyelamatkan gawangnya. Tak jarang, para striker dibuat frustrasi karena tidak mampu mencetak gol setelah kiper lawan tampil mengesankan.

Di Liga Inggris, ada catatan menarik terkait kiper tim yang paling banyak menyelamatkan gawangnya sejauh musim ini. Tidak ada wakil dari klub papan atas yang masuk daftar kiper Liga Inggris paling banyak selamatkan gawangnya musim ini.

Kiper-kiper tim semenjana Liga Inggris mendominasi daftar tersebut. Kemungkinan, seringnya mereka diserang membuat kiper-kiper dari klub semenjana masuk daftar kiper Liga Inggris terbanyak selamatkan gawangnya musim ini.

Berikut daftarnya:

1 dari 5 halaman

Lukasz Fabianski (Swansea City)

4. Lukasz Fabianski (Swansea City)

Jumlah penyelamatan musim ini: 81

Ini menjadi musim yang sulit di South Wales, bersama Swansea City. Zona degradasi harus dihindari Swansea di akhir musim dan itu tugas yang berat.

Namun, Swansea memiliki Lukasz Fabianski di bawah mistar gawang. Kehadirannya bisa sedikit buat tenang para pemain Swansea.

Swansea memang punya catatan kebobolan paling banyak di Liga Inggris musim ini, yakni 61 gol. Tapi, 81 kali penyelamatan telah dilakukan Fabianski dari bawah mistar Swansea, bukan jumlah yang sedikit dan berpotensi bertambah.

2 dari 5 halaman

Jordan Pickford (Sunderland)

3. Jordan Pickford (Sunderland)

Jumlah penyelamatan musim ini: 84

Tidak diragukan lagi salah satu bintang baru Liga Inggris dari bawah mistar gawang. Jordon Pickford punya misi menyelamatkan Sunderland dari degradasi, sehingga penampilannya perlu meningkat.

Hal ini yang membuat Pickford gemilang di bawah mistar gawang. Usia Pickford baru menginjak 23 tahun, masa depannya masih panjang.

Pickford hanya perlu konsisten terhadap pemainannya dan tidak melakukan blunder. 84 penyelamatan yang dilakukannya sejauh musim ini bukti dia memiliki bakat.

3 dari 5 halaman

Ben Foster (WBA)

2. Ben Foster (WBA)

Jumlah penyelamatan musim ini: 95

West Bromwich Albion (WBA) termasuk tim yang penampilannya mengejutkan musim ini dengan menempati posisi kedelapan klasemen sementara. Tony Pulis, sang manajer, banyak menerima pujian atas torehan itu.

Namun, Ben Foster juga harus mendapat pengakuan soal kontribusinya. Tanpa Foster di bawah mistar gawang, WBA bakal sulit menghadapi gempuran lawan. Apalagi, Liga Ingggris memiliki striker-striker haus gol.

Penjaga gawang berusia 33 tahun ini 95 kali melakukan penyelamatan sejauh musim ini. WBA hanya kebobolan 37 gol dari 28 pertandingan, bukan catatan yang buruk bagi tim yang diprediksi bakal degradasi ini.

4 dari 5 halaman

Tom Heaton (Burnley)

1. Tom Heaton (Burnley)

Jumlah penyelamatan musim ini: 105

Satu-satunya kiper yang mencapai 100 penyelamatan di Liga Premier musim ini, Tom Heaton. Ia telah menjadi dinding tebal bagi pertahanan Burnley sejauh musim ini.

Heaton juga mulai dipercaya dipanggil memperkuat Timnas Inggris. Ia sempat berkostum Manchester United, sebelum akhirnya didepak.

Dia memiliki refleks bagus dan ketenangan yang baik kendati timnya terus ditekan lawan. Heaton sudah 105 kali melakukan penyelamatan sejauh musim ini, ia bisa jadi contoh bagi kiper muda lain.

Artikel Selanjutnya
Lampard Sarankan Chelsea Tak Depak Diego Costa
Artikel Selanjutnya
3 Pemain Anyar yang Segera Jadi Milik Chelsea