Sukses

Kejurnas, Perbasasi Saring Pemain untuk Kejuaraan Dunia Softball

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) menggelar Kejuaraan Nasional Softball putra di Palembang, Sumatera Selatan, 10-20 Mei mendatang.

Ajang tersebut sekaligus berfungsi sebagai seleksi pemain Kejuaraan Dunia softball di Whitehorse, Yukon, Kanada, Juli 2017.

"Setiap pengurus provinsi bisa mengirim klub. Namun, jumlahnya tergantung prestasi di PON 2016," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Softball Perbasasi Billy Asmoro pada konferensi pers di Jakarta, Sabtu (18/3/2017).

Billy memaparkan, peringkat 1-4 PON maksimal mengajukan tiga klub. Sedangkan penghuni posisi 5-8 dapat diwakili dua klub. Mereka yang tidak lolos PON diijinkan mengutus satu klub. 

"Dari situ, kami ingin menyaring bakat-bakat terbaik. Kami sudah memiliki rekam siapa saja yang bagus berdasar SEA Games 2015 dan PON 2016. Namun, kami membuka pintu untuk seluruh pemain berpartisipasi. Sebab, Kejurnas nanti tidak memiliki batasan umur," ungkap Billy.

Menurut Billy, Indonesia merupakan satu dari 28 negara yang sudah mendaftar untuk Kejuaraan Dunia Softball. Indonesia absen dari penyelenggaraan 2016 dan menduduki peringkat 20 pada edisi 2015.

"Target kami ingin lebih baik dari Filipina. Sebab, merekalah rival terbesar kami di Asia Tenggara. Saat ini Indonesia, Filipina, dan Jepang merupakan tiga kekuatan utama di ajang softball putra," tuturnya.

Sepanjang partisipasinya, prestasi terbaik Indonesia di Kejuaraan Dunia Softball adalah menempati peringkat 11 pada edisi 1992.