Sukses

Kurangi Pemanasan Global, Dorna Gelar Balap Motor Listrik 2019

Liputan6.com, Jakarta - Dorna Sports selaku otoritas tertinggi di kejuaraan grand prix balap motor membuat terobosan dengan menyelenggarakan ajang balap motor listrik pada 2019. Rencana itu sebagaimana disampaikan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

"Kami akan melakukan beberapa ajang balap motor listrik segera. Ini akan menjadi hal yang belum pernah terdengar sebelumnya, dan ini benar-benar menjadi balap ramah lingkungan, tapi bukan sebagai kejuaraan dunia. Kami ingin mengisi baterai dengan energi bersih dan tidak dengan kompresor," kata Ezpeleta seperti dikutip dari Cyclenews.

Penyelenggaraan ini untuk menggantikan FIM e-Power Championship yang sudah lama tidak diselenggarakan. Dorna menargetkan balapan motor listrik berlangsung selama lima seri.

Setiap balapan akan menampilkan 10 lap, dengan kecepatan 125 mph. Nantinya akan ada 18 pembalap yang terlibat termasuk 14 sirkus MotoGP serta 4 pembalap terbaik di kelas Moto2.

Sejauh ini Ezpeleta sudah melakukan pembicaraan dengan perusahaan yang akan menyediakan semacam stasiun pengisian pada sirkuit.

"Jadi ada 5 seri balapan sepeda motor listrik itu sebagai supporting class pada MotoGP 2019, dan artinya akan ada tim independen baru di MotoGP, setidaknya ada 4 tim. Kami bisa melakukannya sekarang, tapi kami ingin mengisi baterai dengan energi yang bersih dan tidak dengan kompresor yang banyak mencemari lingkungan," beber Ezpeleta.

(David Permana)

Artikel Selanjutnya
Mobil Listrik Nissan e-Power Masih Punya Emisi Gas Buang
Artikel Selanjutnya
Nissan Note e-Power, Mobil Listrik yang 'Pakai' Mesin Bensin