Sukses

Pembangunan Stadion Molor, Persiba Mengungsi ke Gajayana

Liputan6.com, Balikpapan - Persiba Balikpapan akan pindah kandang ke Stadion Gajayana Malang menyusul belum ada kepastian soal pembangunan stadion baru. Sebelumnya, Pertamina sudah membongkar Stadion Parikesit yang selama ini sudah menjadi kandang tim ‘Beruang Madu’ dalam menggelar laga.

“Fasilitas pendukung stadion (baru) belum siap,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Balikpapan, Tara Alorante, Senin (20/3).

Tara mengatakan, pembangunan Stadion Balikpapan dijadwalkan tuntas pada bulan Juni nanti. Penyelesaian pembangunan hanya meliputi stadion dan lapangan pertandingan saja.

Pemkot Balikpapan belum melaksanakan pembangunan sarana prasarana pendukung stadion di antaranya jalan tembus, sarana parkir kendaraan dan lainnya. Mereka terbentur keterbatasan anggaran pemerintah daerah yang defisit tajam sejak tahun 2016 lalu.

“Kalau lapangannya saja (Juni) bisa. Hanya saja ada fasilitas yang harus dilengkapi seperti jalan masuk stadion belum tembus, tempat parkirnya belum ada. Memang jadwalnya Juni, tapi kita lihat stuasi nanti,” papar Tara.

Tara mencontohkan, pembangunan jalan tembus stadion diperkirakan butuh anggaran Rp 30 miliar. Pemkot Balikpapan hanya menerima bantuan Pemprov Kaltim sebesar Rp 2 miliar untuk pembangunan stadion.

Tara pun tak bisa memastikan dana untuk pembangunan fasilitas stadion itu dianggarkan dalam APBD Perubahan Balikpapan 2017. Mengingat Pemerintah Kota Balikpapan tahun ini masih harus fokus melunasi utang proyek 2016 lalu, akibat defisit anggaran.

Pembangunan stadion tersebut sudah beberapa kali molor. Sebelumnya pembangunan stadion ditargetkan rampung pada Agustus 2016. Namun kemudian molor karena masih kekurangan anggaran ratusan miliar.

Kemudian target berubah Desember 2016 dan awal 2017 sudah bisa digunakan Persiba. Namun kembali molor lagi-lagi karena kekurangan anggaran. Kemudian Pemerintah Kota Balikpapan kembali menargetkan Juni 2017 rampung.

Pemerintah Kota Balikpapan menyarankan tim Persiba Balikpapan untuk sementara waktu pindah kandang atau homebase ke Bontang. Tim berjulukan ‘Beruang Madu’ itu bisa memanfaatkan Stadion Mulawarman yang sebelumnya menjadi kandang tim PKT Bontang.

Pemkot Balikpapan meminta pengurus Persiba mengecek kondisi Stadion Mulawarman sesuai ketentuan yang disyaratkan PT Liga Indonesia. Apalagi, Pertamina kabarnya sudah berkirim surat pengosongan Stadion Parikesit dari aktfitas latihan rutin Persiba.

Selain Stadion Mulawarman, Pemerintah Kota Balikpapan menawarkan penggunaan Stadion Benuo Taka. Lokasinya berseberangan dengan Kota Balikpapan. Bisa ditempuh dalam waktu 30  menit dari Balikpapan.

Pemerintah Kota Balikpapan sudah menyurati PT Pertamina agar menunda pembongkaran stadion.  Permintaan penundaan pembongkaran Stadion Parikesit dimaksudkan sambali menunggu penuntasan pembangunan Stadion Balikpapan.

Humas PT Pertamina Area Kalimantan, Alicia Irzanova belum berkomentar soal pembongkaran Stadion Parikesit Balikpapan. Dia hanya menyebutkan, pembangunan kilang minyak Balikpapan tetap dilaksanakan sesuai jadwal sudah ditentukan.

“Nanti saya cek soal stadion Balikpapan. Kalau tahapannya sudah ditentukan, belum ada perubahan,” ucap dia.

Pertamina akan membongkar Stadion Parikesit yang masuk dalam agenda perluasan kilang minyak di Balikpapan. Kawasan tersebut akan dijadikan gudang peralatan kilang minyak Pertamina Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Jadwal Liga 1, Siaran Langsung Pekan ke-23
Artikel Selanjutnya
Jadwal Liga 1, 29 Agustus 2017: Ambisi Sriwijaya Tekuk Persiba