Sukses

Atur Skor Piala Dunia, Wasit Ghana Dihukum Seumur Hidup

Liputan6.com, Jakarta - FIFA akhirnya menjatuhkan sanksi keras kepada wasit asal Ghana, Joseph Lamptey usai diketahui sudah lakukan pengaturan skor di kualifikasi Piala Dunia 2018. Lamptey terbukti bersalah langgar kode disiplin FIFA saat memimpin laga kualifikasi antara Afrika Selatan melawan Senegal pada November 2016.

Keputusan ini sekaligus membebaskan tuduhan kepada ofisial asal Ghana lainnya, David Lionheart Nii. Dia dibebaskan dari sanksi setelah dilakukan investigasi.

Pada laga yang dimenangkan Afrika Selatan 2-1 atas Senegal itu, Lamptey diketahui sudah berikan penalti tepat sebelum jeda babak pertama laga kualifikasi Piala Dunia itu dibunyikan.

"Komite Disiplin FIFA sudah memutuskan larang wasit Ghana, Joseph Lamptey pimpin pertandingan di segala jenis kegiatan yang berkaitan dengan sepak bola baik level nasional atau internasional seumur hidup," bunyi pernyataan FIFA seperti dilansir Mirror.

"Ofisial sudah langgar pasal 69 ayat 1 (secara ilegal pengaruhi hasil pertandingan) kode disilin FIFA di kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Afrika Selatan vs Senegal pada 12 November 2016."

"Terkait status laga Afrika Selatan vs Senegal akan diputuskan tepat setelah ada keputusan hukum mengikat."

Artikel Selanjutnya
FIFA Cabut Sanksi 4 Pertandingan Messi
Artikel Selanjutnya
Resmi, FIFA Larang Messi Lakoni 4 Pertandingan