Sukses

Ezra Walian Diyakini Jadi Pemain Top Seperti Legenda Belanda

Liputan6.com, Bogor - Indonesia belum memiliki fasilitas sepak bola setara Belanda. Hal tersebut ternyata tak menjadi halangan bagi Ezra Walian. Demikian diungkapkan sang ayah, Glen Walian.

Ezra Walian tiba di Indonesia bersama ayahnya pada Minggu (19/3/2017) pagi WIB. Pemain Jong Ajax itu langsung bergabung dengan latihan Timnas Indonesia U-22 di Stadion Pakansari, Bogor untuk menghadapi Myanmar, Selasa (21/3/2017).

Glen meyakini anaknya bisa menjadi pemain top seperti legenda Belanda, meski fasilitas sepak bola di Indonesia masih kurang memadai. Bahkan, Glen menyebut kondisi Indonesia mirip dengan situasi Belanda pada zaman dahulu.

"Itu bukan masalah. Ketika saya muda, fasilitasnya juga belum bagus di Belanda. Semua pemain seperti Frank Rijkard, Johan Cruyff, Frank de Boer, mereka juga dulu bermain dengan fasilitas yang kurang tapi tetap menjadi pemain bagus. Jadi itu bukan masalah buat Ezra," kata Glenn yang menemani Ezra, ditemui di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (20/3/2017).

Jika dibandingkan dengan Belanda, tempat Ezra menimba ilmu sepak bola, fasilitas di Indonesia tentu belum setara. Contohnya adalah kualitas lapangan yang tak sebaik di Negeri Kincir Angin tersebut.

Akan tetapi seperti kata Glen, hal tersebut tampaknya tak masalah buat Ezra. Pemain berusia 19 tahun itu tanpa canggung langsung berlatih bersama para pemain lain di bawah asuhan Luis Milla di Stadion Pakansari.

Glenn mengatakan, ia sama sekali tak pernah mendorong Ezra untuk memilih Indonesia. Menurutnya, pilihan tersebut murni datang dari diri Ezra Walian sendiri.

1 dari 2 halaman

Heran dengan Pilihan Ezra Walian

Glenn menuturkan, awalnya ia memang sempat heran dengan pilihan Ezra. Maklum, tak seperti Glen yang lahir di Jakarta, Ezra sebetulnya lahir di Belanda dan hanya beberapa kali berkunjung ke Indonesia.

"Saya berbicara dengan Ezra dan saya sedikit berpikir, oke saya memang lahir di Jakarta, tapi Ezra tahu Indonesia sebagai negara untuk berlibur," ujar Glenn.

Meski demikian, Glenn mengaku menyerahkan keputusan tersebut pada Ezra. Ia yakin putranya tersebut memilih Indonesia setelah melalui pertimbangan matang. "Dia sangat termotivasi bermain bagi indonesia karena dia memilih untuk masa depannya. Itu penting buat dia," kata Glenn mengakhiri.

Ezra Walian baru saja mendapatkan Keputusan Presiden yang ditandatangani Joko Widodo mengenai proses naturalisasinya. Ezra pun bisa diturunkan dalam laga uji coba melawan Myanmar, sore nanti.

Artikel Selanjutnya
5 Calon Pelatih Terkuat Persib, Lokal Vs Asing
Artikel Selanjutnya
Timnas Indonesia U-22 Dihajar Malaysia, Luis Milla Salah Strategi