Sukses

MotoGP: Siapkah Rossi Jalani Musim Buruk?

Rossi diprediksi bakal jalani musim buruk yang membuatnya gagal juara MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi belum tampil meyakinkan jelang seri pembuka MotoGP Qatar yang dihelat di Sirkuit Losail, Minggu (26/3/2017). Di sesi tes pramusim MotoGP 2017, Rossi selalu di bawah bayang-bayang rekan barunya, Maverick Vinales yang jadi tercepat di tiga kali tes.

Eks pembalap MotoGP, Randy Mamola menilai ini jadi sinyal berbahaya buat Rossi. Dalam kolomnya di Motorsport, dia mempertanyakan apakah Rossi siap menjalani musim yang buruk?

Padahal, seperti diketahui, Rossi sangat ingin merebut juara MotoGP yang ke-10. Siapkah Rossi untuk menjalani musim yang mengecewakan?

Di tes pramusim Sepang, Rossi hanya mampu menjadi yang tercepat kelima dibelakang Vinales, Marquez, Dovizioso dan Dani Pedrosa. Waktu laps nya saat itu yaitu 1 menit 59,589.

Sedangkan di tes pramusim Australia, Rossi jeblok. Catatan waktu lapnya hanya menempatkan dia di posisi ke-11 dengan 1 menit 29,470 detik.

Begitu juga dengan tes terakhir di Sirkuit Losail pada 12 Maret lalu. Rossi hanya mampu mencatatkan waktu lap 1 menit 55,185 detik dan menjadi yang ke-11 tercepat.

"Tes pramusim sepertinya menegaskan duel Marquez dan Vinales di MotoGP musim ini. Ada juga yang dipertanyakan yaitu bagaimana penampilan Rossi setelah pramusim yang tak meyakinkan?" ujar Mamola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Tak Bisa Dibantah

Menurut Mamola, ada beberapa fakta yang tak bisa dibantah sehingga membuat Rossi bakal kesulitan di MotoGP 2017. Meski masih ditunggu aksinya di akhir pekan ini, ada kemungkinan Rossi kalah lagi dari Vinales.

Mamola menyebutkan itu sebagai fakta yang tak bisa dibantah. Meski demikian, dia memuji pengalaman Rossi.

Maka itu, dia ragu apakah Rossi benar-benar terpuruk atau menyimpan tenaga saja untuk balapan sebenarnya.

"Itulah yang membuat kita bertanya-tanya apakah kelemahannya di pramusim itu nyata atau kita bakal terkejut melihat aksi dia saat musim berlangsung," ujarnya.

"Meski demikian, nyata buat saya jika Vinales bakal memimpin musim ini. Ini bakal mempengaruhi rival dan juga sekaligus rekannya di Yamaha," katanya, menambahkan.

3 dari 3 halaman

Jadwal Lengkap

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.