Sukses

Daftar Panjang Calon Pengganti Luis Enrique di Barcelona

Luis Enrique telah memutuskan akan meninggalkan Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta Luis Enrique telah menentukan sikapnya. Pria berusia 46 tahun itu memutuskan tidak akan memperpanjang kontraknya bersama Barcelona yang akan berakhir pada penghujung musim ini.

Keputusan Enrique tentu saja mengejutkan banyak pihak. Apalagi pengumuman ini disampaikan saat Barcelona baru saja menang besar 6-1 atas Sporting Gijon pada pekan ke-25, bulan lalu.

Beban kerja dan tekanan yang besar menjadi alasan Enrique enggan memperpanjang kontrak di Barcelona. Dia mengaku ingin berkembang sehingga butuh waktu untuk beristirahat sejenak.

Enrique mulai menangani Barcelona sejak 2014 lalu. Selama memimpin Lionel Messi dan kawan-kawan, pria asal Spanyol tersebut telah mempersembahkan delapan gelar termasuk, dua gelar La Liga yakni pada musim 2014/15 dan 2015/16, serta Liga Champions pada musim 2014/15.

Sebelum hengkang, Enrique juga masih berkesempatan menambah koleksi trofi Barcelona. Masing-masing melalui Liga Champions, La Liga, dan Copa del Rey. "Ada tiga bulan tersisa, dan Liga Champions menjadi tantangan tersulit bagi Barcelona. Dedikasi saya tentu akan total, dan semua bisa dilewati dengan bantuan seluruh pihak," ujar Enrique beberapa waktu lalu.

Keputusan Enrique tentu menyisakan tugas rumah bagi manajemen Barcelona. Pasalnya, mereka harus segera mencari sosok yang tempat menggantikan posisinya. Sejumlah nama pun terus bermunculan meski manajemen tim Blaugrana juga belum menentukan pilihannya.

Menurut laporan media Spanyol AS, sejauh ini setidaknya sudah 11 pelatih yang diangggap layak menggantikan Enrique di Barcelona. Siapa saja? Berikut ini daftar lengkanya.

Kandidat Pelatih Enrique

1  Ernesto Valverde (pelatih Athletic Club)
2. Jorge Sampaoli (pelatih Sevilla)
3. Laurent Blank (menganggur setelah meninggalkan PSG)
4. Ronald Koeman (pelatih Everton)
5. Eusebio (pelatih Real Sociedad)
6. Oscar Garcia (pelatih Red Bull Salzburg)
7. Frank De Boer (menganggur setelah didepak Inter Milan)
8. Philip Cocu (pelatih tim utama PSV Eindhoven)
9. Juan Carlos Unzue (asisten pelatih Barcelona)
10. Quique Setien (pelatih Las Palmas)
11. Massimiliano Allegri (pelatih Juventus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini