Sukses

Italia Dapat Jatah 4 Klub Mulai Liga Champions 2018-2019

Liputan6.com, Roma - Liga Italia Serie A mendapat jatah tambahan satu slot mulai Liga Champions 2018-2019. Dengan demikian, kuota Italia akan menjadi empat klub di kompetisi antar klub elite Eropa tersebut.

UEFA baru merilis keputusan baru terkait kuota di Liga Champions. Spanyol, Jerman, Inggris, dan Italia dipastikan menjadi empat asosiasi teratas UEFA terlepas dari apa yang terjadi di babak perempat final dan kompetisi dari dua klub.

Italia sebelumnya hanya mendapat jatah tiga klub yang berkiprah di Liga Champions. Dua klub yang terdiri dari peringkat satu dan dua langsung bermain di fase grup, sedangkan peringkat tiga Serie A harus memulai dari babak play-off Liga Champions.

Pada Liga Champions musim ini, Juventus, Napoli, dan AS Roma menjadi wakil dari Italia. Liga Champions musim depan, kuota Italia juga masih tiga klub. Saat ini, hanya Spanyol, Inggris, dan Jerman yang diwakili oleh empat klub di Liga Champions.  

Keputusan UEFA ini berdasarkan nilai koefisien sehingga Italia baru mendapat jatah empat klub di Liga Champions mulai musim 2018-2019. Artinya, nanti tiga klub teratas Serie A akan langsung berlaga di fase grup dan peringkat keempat melalui play-off untuk bisa lolos ke Liga Champions.

Jatah Serie A bertambah dibarengi dengan aturan peringkat ke 11 dan 12 koefisien liga, yang bakal menjalani play-off untuk penentuan lolos ke fase grup. Sebelumnya, setiap juara liga dari 12 koefisien UEFA teratas otomatis mendapat tiket langsung penyisihan grup Liga Champions.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.