Sukses

3 Hari Sebelum El Clasico, Messi Terancam Dipenjara

Messi tersangkut kasus penggelapan pajak dan putusan banding diumumkan 20 April 2017.

Liputan6.com, Barcelona - Mahkamah Agung Spanyol akan mempertimbangkan banding dari penyerang Barcelona, Lionel Messi terhadap hukuman penjara 21 bulan. Messi tersangkut kasus penggelapan pajak dan keputusan banding akan diumumkan pada 20 April 2017.

Tanggal tersebut diketahui tepat tiga hari sebelum pertandingan El Claisco antara Barcelona kontra Real Madrid. Laga itu juga dapat menjadi penentu gelar La Liga Spanyol musim ini.

Seperti dilansir AFP, pesepak bola Argentina yang meraih lima kali gelar pemain terbaik dunia ini, dinyatakan bersalah oleh pengadilan Barcelona pada Juli lalu. Messi dinyatakan bersalah atas tiga dakwaan penipuan pajak antara tahun 2007 hingga 2009, yang menghasilkan putusan penahanan 21 bulan penjara dan denda sebesar 2 juta euro.

Ayah Messi, Jorge, juga diberi hukuman yang sama dan diperintahkan untuk membayar denda 1,5 juta euro. Pengadilan Spanyol mengganjar hukuman di bawah dua tahun untuk kejahatan non kekerasan yang jarang membutuhkan kepastian hukum dari terdakwa untuk menjalani kurungan.

Pemain berusia 29 tahun dan ayahnya dikabarkan menipu kantor pajak Spanyol hampir 4,2 juta euro dari 2007 hingga 2009 dengan menggunakan web perusahaan Shell. Trik itu mereka lakukan untuk menghindari pajak atas penghasilannya dari hak siar.

Messi merupakan pencetak gol terbanyak di La Liga musim ini dan telah menjaringkan lebih banyak gol daripada pemain lainnya dalam pertandingan "El Clasico" antara Barcelona dan Real Madrid.

Akan tetapi, Real Madrid memimpin klasemen La Liga musim ini, dua poin di atas Barcelona, namun klub asal Katalan ini memiliki pertandingan sisa lebih banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Messi