Sukses

Gus Ipul Ingin Jatim Lahirkan Banyak Master Catur Internasional

Gus Ipul menyampaikan saat membuka Perang Bintang Turnamen Catur Senior dan Junior se-Jatim, Sabtu (25/3/2017).

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Drs H Saifullah Yusuf, yang lebih akrab disapa Gus Ipul, berambisi melahirkan master catur tingkat internasional.

Gus Ipul melontarkan niat tersebut ketika membuka Perang Bintang Turnamen Catur Senior dan Junior se-Jatim di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Sabtu (25/3/2017). 

"Saya Ingin menciptakan banyak master catur tingkat internasional yang berasal dari Jatim. Catur harus bisa lebih membanggakan Jatim," kata Gus Ipul. “Saya anggap para peserta turnamen catur itu orang hebat karena mau berpikir. Menang atau kalah itu nomor dua,” katanya.

Oleh karena itu, Gus Ipul ingin memasyarakatkan catur kembali. Apalagi cabang olahraga ini tergolong murah dan digemari masyarakat. Catur bahkan sering menjadi salah satu ajang perlombaan pada acara nasional, seperti Hari Proklamasi kemerdekaan.

Untuk itu, Gus Ipul ingin mengatasi masalah yang ada. Berdasar statistik, pemain catur Jatim di atas 25 tahun masih kalah dari DKI Jakarta dan Jawa Barat. Tapi, atlet catur Jatim di bawah 25 tahun selalu menjadi juara.

Selain durabilitas, Jatim juga kekurangan turnamen dan bonus. “Masalah-masalah ini merupakan tantangan yang harus dicarikan solusi secepatnya,”  tambahnya.

Gus Ipul mengapresiasi Percasi Jatim yang sudah mulai mendata potensi yang dimiliki melalui pertandingan catur secara berjenjang, mulai dari wilayah masing-masing sampai ke tingkat provinsi.

“Saya harap database catur bisa dikelola sebaik mungkin. Sebaiknya dibuatkan pangggung-panggung pertandingan, sehingga para atlet catur, baik yang senior maupun junior tidak grogi bila menghadapi turnamen di tingkat nasional," ungkap Gus Ipul.

"Artinya, mereka bisa mencatat prestasi yang lebih baik. Tidak hanya nasional tapi juga prestasi di tingkat internasional,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perang Bintang

Perang bintang senior dan junior se-Jatim berlangsung pada 25-27 Maret. Turnamen ini diikuti 2.423 peserta dan sudah melewati melalui proses seleksi dari tujuh koordinator wilayah, yaitu Surabaya (Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya), Madura, Bojonegoro, Malang, Jember, Kediri, dan wilayah Madiun.

Hari ini merupakan prakualifikasi bagi atlet senior. Mereka akan melalui proses penyaringan tujuh babak. Tiga pecatur terbaik, untuk nomor putra dan putri, nantinya dikirim ke Kejurnas di Jakarta, Juli mendatang.

Sementara turnamen junior dimaksudkan mencari bibit unggul untuk persiapan PON 2020. Pada PON 2016 Catur Jatim mendapat satu emas, satu perak, dan tiga perunggu. Diproyeksikan pada PON 2020 di Papua, catur Jatim bisa menjadi juara umum.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf adalah Calon Gubernur Jawa Timur yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa
    Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf adalah Calon Gubernur Jawa Timur yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa

    Gus Ipul

  • Catur

Video Terkini