Sukses

Pimpin El Clasico, Wasit Ini Pernah Dicap Pembela Real Madrid

Manzano bukan pertama kalinya memimpin El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona.

Liputan6.com, Madrid - Jesus Gil Manzano ditunjuk sebagai wasit untuk partai El Clasico yang mempertemukan Real Madrid kontra Barcelona pada 23 April 2017. Manzano juga disebut-sebut wasit kontroversial karena sempat dianggap menguntungkan Real Madrid.

Seperti dilansir Marca, El Clasico kali ini berlangsung di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu. Manzano menerima kepercayaan penuh dari komite wasit Spanyol dan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) untuk memimpin partai sarat gengsi ini.

Seperti dilansir Football-Espana, Manzano sudah menjadi wasit di La Liga sejak 2012. Ini bukan partai El Clasico pertama bagi Manzano, sebab pada 20 Oktober 2014 ia juga menjadi pengadil dan laga juga dimainkan di Santiago Bernabeu.  

Manzano dinilai siap untuk memimpin laga yang bakal menjadi sorotan seluruh dunia. Belum lagi, posisi Barcelona dan Real Madrid di klasemen sementara La Liga saat ini hanya terpaut dua poin. Manzano dikenal sebagai wasit yang royal dalam memberikan kartu.

Wasit berusia 33 tahun ini dikenal karena kecenderungannya mengeluarkan kartu. Laga semifinal leg kedua Copa del Rey Februari lalu antara Barcelona melawan Atletico Madrid. Manzano mengirim tiga pemain keluar lapangan.

Ia sempat dituduh membela Real Madrid saat menjadi pengadil pada pertandingan kontra Villarreal musim ini. Manzano juga menghadiahi penalti kepada Real Madrid, meski keputusan itu sangat diragukan.

Presiden Villarreal, Fernando Roig, menuduh Manzano pulang dengan tas berlogo Los Blancos seusai laga yang dimenangan pasukan Zinedine Zidane dengan skor 3-2 itu. Apalagi, meskipun, belakangan diketahui, tas tersebut cuma suvenir normal dari Los Blancos kepada wasit, yang isinya cuma pulpen. Tetapi, nama Manzano terlanjur dipandang negatif oleh sebagian kalangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.