Sukses

Pelatih Legendaris MU Masih Sering Gelisah

Sir Alex Ferguson menangani MU selama 26 tahun.

Liputan6.com, Manchester - Meninggalkan kursi pelatih Manchester United (MU) pada 2013, Sir Alex Ferguson mengaku masih gugup setiap mantan timnya menghadapi Liverpool dan Manchester City.

Ferguson, yang bekerja di MU selama 26 tahun, merujuk sejarah panjang rivalitas sebagai penyebabnya.

"Sulit menghapus MU dalam hidup saya. Sekarang saya bisa tenang dan menikmati pertandingan. Tapi tidak jika kami bertemu Liverpool dan Manchester City. Keduanya merupakan pesaing utama," ungkap Ferguson, dilansir Daily Mail.

MU tertinggal dari Liverpool dalam koleksi gelar Liga Inggris ketika Ferguson tiba di Old Trafford, November 1986. The Red Devils kini memimpin 20 berbanding 18 titel.

Tapi, kompetisi di antara mereka tidak hanya terjadi di atas lapangan. Pertentangan MU dan Liverpool merupakan dampak rivalitas kota asal masing-masing klub pada revolusi industri.

"Pertarungan MU melawan Liverpool selalu sengit," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetangga yang Berisik

Namun, belakangan muncul Manchester City. Posisi mereka sebagai tetangga membuat persaingan dengan MU bertambah sengit.

Suntikan modal Sheikh Mansour membuat The Citizens, yang sebelumnya kerap naik turun kasta sistem kompetisi sepak bola Inggris dan tidak mampu menandingi MU, menjadi kekuatan baru. 

MU menghadapi Liverpool di Anfield pada lanjutan Liga Inggris, Januari 2016. (Reuters /Carl Recine)

Terhitung sejak Sheikh Mansour tiba tahun 2009, Manchester City empat kali mengakhiri kompetisi dalam posisi lebih baik ketimbang The Red Devils. 

"Manchester City sekarang memainkan peran penting pada persaingan juara," pungkas Ferguson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.