Sukses

6 Fakta Menarik Kemenangan Italia di Markas Belanda

Hasil pertandingan Belanda vs Italia ini menandakan tuan rumah masih belum bisa mengakhiri kutukan tak pernah menang di Amsterdam ArenA.

Liputan6.com, Amsterdam - Timnas Belanda gagal memetik kemenangan saat menjamu Italia pada Rabu (29/3/2017) dinihari tadi di Amsterdam ArenA. Tim Oranye kalah 2-1 oleh gol Eder Martins dan Leonardo Bonucci.

Dalam partai persahabatan ini, Italia menurunkan kiper mudanya Gianluigi Donnarumma dan membangkucadangkan Buffon yang tampil empat hari sebelumnya melawan Albania. Pemain AC Milan tersebut akhirnya menahbiskan diri sebagai kiper termuda dalam sejarah Gli Azzurri yang menjadi starter lewat usia 18 tahun.

Selama 90 menit pertandingan, Belanda tak memberikan perlawanan berarti ke lini pertahanan tim tamu. Satu gol milik mereka terjadi lewat gol bunuh diri bek tengah Italia Alessio Romagnoli.

Lima menit jelang laga bubar Donnarumma membuat penyelamatan gemilang dengan memblok tendangan jarak dekat Wesley Sneijder. Dengan begitu Italia bisa mempertahankan kemenangan 2-1.

Hasil pertandingan Belanda vs Italia ini menandakan tuan rumah masih belum bisa mengakhiri kutukan tak pernah menang di Amsterdam ArenA dalam tujuh laga terakhir. Lebih jauh, sederet fakta dan data juga tercipta dari pertemuan dua tim raksasa ini mulai dari rekor Sneijder hingga Donnarumma.

Berikut ulasannya seperti dilansir dari OptaJoe pagi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik

1. Donnarumma merupakan kiper termuda dalam sejarah yang tampil sebagai starter timnas Italia dengan usia 18 tahun, 1 bulan, 5 hari. Dia 954 hari lebih muda dari Gianluigi Buffon saat debut bersama Azzurri, yakni 20 tahun, 8 bulan, 19 hari.

2. Italia hanya kalah sekali dari 10 laga yang dimainkan di Amsterdam, yakni kalah 2-3 dari Uruguay dalam Olimpiade 1928.

3. Gol susulan dari Eder hanya berjarak 67 detik dari gol bunuh diri Romagnoli.

4. Belanda gagal menang tujuh kali berturut-turut di Amsterdam ArenA, rekor  buruk terpanjang timnas ini di stadion manapun di dalam negeri.

5. Wesley Sneijder, yang masuk pada menit ke 83 rupanya mengoleksi tendangan ke arah gawang paling banyak (2) di antara pemain Belanda lainnya saat melawan Italia.

6. Italia bisa menang untuk pertama kalinya dalam partai tandang di ujicoba internasional sejak November 2011. Saat itu Italia menang atas Polandia 2-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.