Sukses

Thailand Jadi Tuan Rumah MotoGP 2018?

Liputan6.com, Jakarta - Sirkuit Internasional Chang di Buriram dilaporkan bakal masuk kalender MotoGP 2018 mendatang. Hal ini diketahui setelah beredar kabar jika Thailand telah mencapai kesepakatan dengan Dorna Sports selaku otoritas tertinggi di kejuaraan grand prix balap motor.

Menurut laporan yang dikutip dari Speedweek, Kamis (30/3/207) menyebut bahwa Thailand akan menempati seri kesembilan pada kalender MotoGP 2018 mendatang. Mereka sukses mendapatkan satu slot di kalender setelah dianggap berhasil menggelar Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) dalam tiga musim terakhir.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut baik dari tuan rumah Thailand maupun Dorna Sports. Tapi jika laporan tersebut benar, maka ini akan sangat berpengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi lokal.

Thailand memang dikenal sebagai salah satu pasar pertumbuhan terbesar untuk penjualan sepeda motor. Tercatat, 1,5 juta motor terjual pada 2015 lalu.

Dengan munculnya informasi ini maka Tur Asia para pembalap MotoGP akan bertambah menjadi empat, yakni Jepang (Motegi), Australia (Phillip Island),  Malaysia (Sepang), dan Thailand. Laporan ini tentu membuat peluang Indonesia mendatangkan Valentino Rossi dan kawan-kawan semakin tipis.

Karena Indonesia yang dilaporkan tengah membangun sirkuit di Palembang harus bersaing dengan Finlandia yang sama-sama tertarik untuk menggelar balapan di kelas elite ini. Baik Indonesia maupun Finlandia secara otomatis mengebut pengerjaan proyek pembangunan sirkuit. Di mana kedua negara ini merencanakan masuk kalender pada musim 2019.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini