Sukses

Rekam Jejak Carlton Cole, Eks Pemain Chelsea Rekrutan Baru Persib

Cole bukan sosok asing di sepak bola Eropa. Pemain Persib 33 tahun lalu itu bahkan sempat digadang-gadang sebagai wonderkid Chelsea.

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi mantan bintang Chelsea mendarat ke Persib Bandung setelah Michael Essien. Penyerang asal Inggris Carlton Cole resmi bergabung pada musim ini untuk menambah jatah marquee player Persib.

Kabar ini dikonfirmasi langsung lewat akun instagram klub pada Kamis (30/2/2017) pagi tadi. Kabarnya Cole dihargai Rp 5 miliar, lebih rendah dengan Essien yakni Rp 8 miliar.

"Wilujeng sumping (selamat datang) Carlton Cole di #PERSIB dan sepakbola Indonesia #PERSIBSalawasna," begitu keteranga foto yang diunggah Persib.

Cole sejatinya bukan sosok asing di sepak bola Eropa. Pemain kelahiran London 33 tahun lalu itu bahkan sempat digadang-gadang sebagai wonderkid Inggris.

Promosi dari tim muda Chelsea, dia mengawali debutnya di bawah menajer Claudio Ranieri pada 6 April 2002. Dalam kemenangan The Blues 3-0 atas Everton tersebut dia masuk sebagai pemain pengganti dari Jimmy Hasselbaink.

Sulit bersaing dengan penyerang lain semisal Hasselbaink, Eidur Gudjohnsen sampai Gianfranco Zola, Cole dipinjamkan ke tim Divisi Championship Wolverhampton Wanderers. Namun selama kurang dari dua bulan dia hanya memainkan tujuh pertandingan.

Kembali ke Chelsea pada 2003 Cole dimainkan dalam 16 laga di segala ajang hingga akhirnya kembali dipinjamkan ke klub lain. Dia pernah mencicipi liga divisi tiga bersama Charlton Athletic dan ikut mengangkat Aston Villa promosi ke Liga Inggris pada 2004/2005.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

West Ham

Setelah membawa Aston Villa juara Divisi Championship, Carlton Cole dijual ke West Ham United pada Juli 2006. Keputusan yang tepat karena bersama The Hammers dia menjadi pemain andalan manajer Francesco Guidolin.

Pada musim pertamanya di West Ham dia tampil 23 kali namun 15 di antaranya masuk sebagai pemain pengganti. Barulah di tahun berikutnya Cole berkontribusi besar untuk klub lantaran Dean Ashton cedera.

West Ham sempat terdegradasi pada musim 2011/2012 dan pada saat itu Cole nyaris hengkang dari klub untuk membela tim Turki Galatasaray. Gagal bernegosiasi, dia berkomitmen membantu The Hammers kembali ke kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Pada 19 Mei 2012 Cole mencetak gol bersejarah untuk timnya dalam kemenangan 2-1 atas Blackpool di babak play-off Championship. West Ham akhirnya kembali ke Liga Primer hingga sang pemain meninggalkan Inggris pada 2015.

Bersama West Ham, total sudah 67 gol dan 33 assist yang disumbangkan Cole dalam 293 pertandingan. Barulah pada Oktober 2015 dia meninggalkan klub untuk membela juara Liga Skotlandia Celtic.

"Ketika Celtic menelepon dan mengatakan mereka ingin saya, saya langsung mendekat. Berada di Celtic bukan karena uang, ini tentang mengenakan kostum dengan bangga. Celtic berada dalam posisi yang bagus untuk memenangkan piala dan saya ingin menambahkannya untuk karier saya," kata Cole kepada BBC.

Kariernya bersama tim asal Kota Glasgow itu tak bertahan lama karena Cole hanya bermain dalam lima pertandingan selama delapan bulan. Pada Agustus 2016 dia mencoba peruntungan ke Amerika Serikat bersama Sacramento FC tapi cuma bermain empat kali dan kembali ke Inggris berstatus free transfer.

3 dari 3 halaman

Timnas Inggris

Cole telah dipanggil timnas Inggris sejak level usia U-19. Setelah tampil mewakili kelompok umur tersebut dia dipercaya membela tim U-20 dan U-21 dengan mencetak enam gol dari total 21 penampilan.

Pada 11 Februari 2009 Cole akhirnya mendapat caps pertamanya dengan timnas Inggris di bawah manajer Fabio Capello. Pada usia 25 tahun saat itu, dia bermain 15 menit sebagai pemain pengganti.

Dalam ujicoba internasional itu, Inggris harus menyerah di tangan Spanyol 0-2 lewat gol David Villa dan Fernando Llorente. Namun sebulan kemudian The Three Lions sukses melibas Slovakia 4-0.

Hingga 2010, Cole mencatat tujuh caps bersama timnas. Dia hanya mengoleksi satu assist dan tak masuk skuat Inggris ke Piala Dunia di Afrika Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.