Sukses

Carlton Cole Ikuti Langkah Essien, Media Skotlandia Sindir Persib

Carlton Cole resmi diperkenalkan oleh Persib Bandung, Kamis (29/3/2017).

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung resmi merekrut satu tambahan pemain asing untuk menghadapi Liga 1 musim ini. Setelah heboh dengan kedatangan Michael Essien, Persib kembali mengejutkan publik sepak bola Tanah Air dengan keberhasilannya menghadirkan jebolan Liga Inggris, Carlton Cole.

Persib mengenalkan Cole ke publik lewat jumpa pers yang digelar di kantor PT PBB, Kamis (30/3/2017). Pemain yang pernah memperkuat West Ham United itu dikontrak selama semusim.

Ternyata, kedatangan Cole tidak hanya gempar di Tanah Air. Media-media berbagai belahan dunia juga ikut memberitakannya, terutama Inggris yang menjadi tanah kelahirannya.

Dailymail contohnya. Media asal Inggris itu memberi judul "Carlton Cole bergabung lagi bersama rekan setimnya di Chelsea dulu, Michael Essien dan bergabung tim Indonesia, Persib Bandung".

Dailymail melaporkan Cole dikontrak Persib selama 10 bulan dengan opsi perpanjangan. Sebagian besar informasi dikutip dari media internal dan kicauan Twitter Persib Bandung.

Media Inggris lainnya, BBC Sport juga tidak ketinggalan. "Carlton Cole: Mantan Striker West Ham Bergabung dengan Essien di Klub Indonesia," tulis media ternama negeri Ratu Elizabeth itu.

"Saya tidak pernah berpikir berkarier di Indonesia, tapi ini klub yang bagus," kata Cole.

Tidak hanya ramai di Inggris, media-media Prancis juga ikut menyoroti kepindahan Cole. France24 menulis judul, "Carlton Cole Gabung Essien di Klub Indonesia, Persib."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salah Tulis

Tidak ketinggalan media asal Skotlandia, Daily Record. Maklum, Cole pernah memperkuat Celtic selama semusim. Sama halnya dengan media-media luar lainnya, sebagian besar informasi yang didapat berasal dari pengumuman yang disampaikan Persib melalui akun Twitter-nya.

Namun Daily Record jeli melihat kesalahan yang terdapat dalam penulisan nama Carlton Cole di Twitter Persib. "Wilujeng sumping Charlton Cole di #PERSIB dan sepakbola Indonesia #PERSIBSalawasna," tulis Persib lewat Twitternya.

"Mantan Striker Celtic Carlton Cole Gabung Klub Indonesia, Persib--Meskipun Penyebutan Namanya Salah," tulis Daily Record sebagai judul artikel mengenai Cole.

Cole menjelma menjadi semacam pahlawan yang dikultuskan saat diboyong oleh Ronny Deila dari West Ham, Oktober 2015. Sayang, perlakuan ini tidak sebanding dengan performa Cole. Bersama Celtic dia hanya mencetak satu gol saat bertemu Stranraer di Piala Skotlandia dan kesulitan berkembang di liga sebelum pindah ke Sacramento Republic di California, Agustus lalu.

 

3 dari 3 halaman

Efek Essien

Perlakuan yang sama juga pernah dirasakan oleh Essien saat pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Persib Bandung. Media-media dari berbagai belahan dunia juga ikut memberitakannya, termasuk portal olahraga yang berbasis di Ghana, Ghanasoccernet.com.

"Eks Pemain Chelsea dan Bintang Ghana Pastikan Perpindahan Mengejutkan ke Indonesia," tulis nya. Media ini mengklaim transfer Essien berlangsung sehari setelah mereka mengungkap secara ekslusif keberadaan eks Real Madrid dan AC Milan itu di Indonesia.

(Baca berita lengkap: Media Ghana Kaget Essien Merapat ke Persib)

Essien sendiri telah kembali ke Indonesia setelah sempat pulang ke London untuk menyelesaikan masalah administrasi. Rencananya, pemain asal Ghana itu akan memboyong keluarganya ke Indonesia. Manajemen Persib pun telah mencari tempat tinggal yang layak bagi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.