Sukses

MotoGP 2017: 3 Bulan Lagi, KTM Pakai Mesin Big Bang

Versi baru dari mesin RC16 MotoGP bakal siap digunakan KTM dalam waktu tiga bulan ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer mesin Kurt Trieb mengatakan versi baru dari mesin RC16 MotoGP bakal siap digunakan dalam waktu tiga bulan ke depan. Versi mesin baru ini bernama big bang yang telah digunakan oleh Honda sebelumnya.

Mesin big bang (big bang engine) adalah mesin yang menggunakan empat silinder yang bekerja secara bergantian. Mesin ini punya keunggulan di sisi kekuatan dan suara mesin lebih lembut. Sebelumnya, KTM menggunakan mesin tipe screamer, yang juga menggunakan sempat silinder namun empat silinder tersebut bekerja bersamaan.

"Kami memilih mesin screamer karena lebih sederhana, ringan, dan bisa diandalkan. Saya pikir itu bukan keputusan buruk, karena kami membalap dengan lembut dan tanpa permasalahan signifikan dalam hal konstruksi," kata Trieb, seperti dilansir Crash.

"Sekarang kita sampai pada titik Anda harus berlanjut ke tahap selanjutnya dan konsep big bang ini harus dipikirkan kembali." ujar Trieb menambahkan.

MotoGP 2017 menjadi musim debut bagi KTM di MotoGP. Di musim debutnya ini, pabrikan asal Austria tersebut mengandalkan Pol Espargaro dan Bradley Smith.

Pada seri pertama di sirkuit Losail, Qatar akhir pekan lalu, dua pembalap KTM finis di urutan bawah. Espargaro finis di posisi 16, sementara Smith di belakangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.