Sukses

World Supersport: Kendala Teknis Ganggu Penampilan Ali Adrian

Ali Adrian akan kembali bertarung di putaran kedua Kejuaraan World Supersport 300 di Sirkuit Assen, Belanda

Liputan6.com, Jakarta Pembalap muda Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro, telah menjalani debutnya di ajang World Supersport 300 yang digelar di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, Minggu (2/4/2017) kemarin. Sayangnya, Adrian, pembalap yang memperkuat Pertamina Almeria Racing Team ini, tidak dapat menyelesaikan perlombaan akibat kendala teknis pada motor Yamaha YZF-R3 andalannya.

Sebenarnya, saat menjalani sesi latihan bebas, Jumat lalu, Adrian mampu bersaing dengan para pembalap muda lainnya. Adrian mencatat waktu terbaik, yaitu 2 menit 14, 780 detik.

Tetapi pada saat sesi kualifikasi, Sabtu (1/4/2017), Adrian mulai dihadapkan dengan masalahan pada motornya. “Saat kualifikasi, saya merasakan gangguan di kopling motor saya. Tetapi saya tetap dapat memacu motor secara baik pada saat tikungan, namun pada saat lintasan lurus, saya tidak bisa mendapatkan top speed yang diinginkan.  Padahal karakter Sirkuit Motorland Aragon didominasi oleh track lurus," kata Adrian.

Menurut dia, tim sudah berusaha mengatasinya meski dalam waktu yang terbatas. Alhasil, Adrian hanya mampu mencatatkan waktu 2 menit 17,023 detik dan harus memulai perlombaan dari posisi ke 25 dari total 34 pebalap.

Meski harus start dari posisi ke 25, Adrian tetap optimistis untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selepas start, Adrian sempat melesat maju beberapa posisi ke depan. Di tingkungan pertama, Adrian sudah mampu melewati lima pebalap lainnya dan berada di posisi ke 20.

Perjuangan di Aragon

Namun memasuki tikungan ketiga, Adrian merasakan ada yang tidak beres dengan motornya, sehingga memaksanya untuk masuk ke pit. Adrian sempat melanjutkan perlombaan kembali, namun pada akhirnya, di lap ke sembilan, Adrian harus kembali masuk ke pit dan mengakhiri perjuangannya di Aragon.

“Motor Adrian mengalami masalah elektronik sehingga ia terpaksa harus langsung masuk ke pit di lap pertama. Hal itu tentu saja berdampak pada performa Adrian,” jelas David Garcia selaku manajer Pertamina Almeria Racing Team seusai lomba.

Selanjutnya, Ali Adrian yang didukung penuh oleh PT. Pertamina (Persero) akan kembali bertarung di putaran kedua Kejuaraan World Super Sport 300 yang berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda pada 28 – 30 April 2017 mendatang.

“Saya yakin kesempatan masih terbuka lebar. Saya dan Pertamina Almeria Racing Team juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar saya dapat menjalani balapan-balapan selanjutnya dengan lebih baik lagi,” pungkas Adrian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini