Sukses

Ikut Seleksi Timnas U-19, Fisik 14 Pemain 'Impor' Masih Loyo

Saat ini seleksi timnas Indonesia U-19 di Cijantung dihuni 35 pemain.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 14 pemain Indonesia dari luar negeri mengikuti latihan perdana seleksi timnas U-19 di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Kamis (6/4/2017). Ke-14 pemain tersebut ditempatkan dalam sisi lapangan yang berbeda.

PSSI sebelumnya telah menyebar undangan terhadap 17 bibit muda asal Indonesia yang berada di luar negeri. Namun tiga diantaranya tidak bersedia hadir. Sedangkan sisanya mulai mengikuti seleksi di bawah pimpinan pelatih timnas U-19 Indra Sjafri.

Sejak Rabu (5/4/2017) malam, tim pelatih timnas U-19 sudah melakukan tes kesehatan kepada mereka. Keesokan harinya, ke-14 pemain menjalani tes fisik untuk menentukan VO2max. Namun hasilnya tidak terlalu membanggakan Indra Sjafri.

"Dari segi fisik, kami sudah punya pemain yang mencapai 64 soal Vo2max. Ternyata mereka jauh di bawah pemain lokal. Tapi, kami mengambil empat kriteria, skill, kecerdasan, fisik, dan mental," kata Indra Sjafri usai memimpin pasukannya latihan.

Indra berharap, para pemain 'impor' mampu memenuhi tiga kriteria lainnya. Sebab bila tidak, pria yang membawa  timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013 itu tidak punya pilihan, selain mencoret pemain-pemain yang bersangkutan.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keputusan Final

Sesi seleksi timnas U-19 untuk pemain yang dari luar negeri akan berlangsung hingga Sabtu (6/4/2017). Selanjutnya, tim pelatih akan membuat keputusan final terkait skuat pilihan untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) yang lebih intensif.

Sebelum para pemain dari luar negeri hadir, Indra Sjafri lebih dulu memulangkan 21 pemain. Namun, bukan karena dicoret, tapi karena 21 pemain tersebut harus mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional.

"Terus terang saya belum bisa mengambil kesimpulan mengenai kualitas mereka. Tapi, saya berharap dengan mereka belajar di luar negeri, seharusnya bisa lebih baik. Para pemain yang dipulangkan akan kembali pada 15 April sore. Insya Allah tanggal 11 akan kami umumkan 32 pemain terbaik," tegas Indra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.