Sukses

5 Alasan Barcelona Wajib Boyong Coutinho

Barcelona butuh pemain kreatif seperti Coutinho untuk memperkuat lini tengah musim depan.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia umum lagi kalau Barcelona belakangan memang sangat menginginkan jasa Philippe Coutinho. Melihat segala kemungkinan, pemain asal Brasil ini memang perlu diboyong oleh El Barca.

Coutinho bisa dibilang motor penggerak serangan paling stabil di Liverpool. Pemain berpostur mungil itu total sudah mengemas sembilan gol dan enam assists untuk The Reds.

Kontraknya di Liverpool masih tersisa sampai 2020. Namun begitu, bukan berarti si pemain tak bisa cabut dari klub musim panas mendatang.

Barcelona berada di garda terdepan untuk amankan jasa pemain 24 tahun ini. Semenjak ditinggal Xavi Hernandez dan makin senjanya Andres Iniesta, Barca memang butuh sosok motor serangan seperti Coutinho.

Ada lima alasan mengapa Barcelona butuh seorang Coutinho. Berikut daftarnya dikutip dari Footyjokes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Berpeluang Raih Penghargaan Individu

Untuk memenangkan penghargaan di Inggris adalah perjuangan yang berat. Sebuah langkah ke klub Catalunya itu Coutinho tentu bisa saja seperti Gareth Bale yang mengilap ketika hijrah ke Spanyol.

Gaya agresif dari Inggris membatasi kemungkinan gelandang untuk mencetak banyak gol. Namun, ketika pergi ke Barcelona, dia bisa berkembang menjadi pemain dengan nomor 10.

Bermain di Liga Champions secara berkala tentu bisa mengasah pemain eks Internazionale Milan itu. Apalagi, dia bakal bermain dengan sejumlah nama besar, yakni Lionel Messi, Neymar dan Luis Suarez yang tinggal menyelesaikan umpan-umpan matangnya.

Singkatnya, Coutinho bisa raih penghargaan individu dengan Barcelona. Barcelona pun membutuhkan pengumpan yang akurat untuk diselesaikan trio MSN.

3 dari 6 halaman

4. Gaya Bermain

Andai bergabung dengan Barcelona, Coutinho sepertinya bakal mudah beradaptasi dengan mekanisme di tim raksasa Catalunya. Gaya bermain Coutinho yang presisi dalam membuat passing sangat ideal untuk El Barca.

Dengan Messi dan Neymar yang membantu, serta Suarez yang bisa buka peluang tentu akan bikin Coutinho makin menggila. Apalagi, dia digadang-gadang menjadi penerus ideal Iniesta.

Gayanya sangat cocok dengan karakteristik lini tengah Barcelona. Dalam pola tiga gelandang tengah, Coutinho memadukan kreativitas dan skill tinggi dengan dua rekan berkarakter fisik seperti Sergio Busquets dan Ivan Rakitic.

Coutinho dinilai jadi pelengkap yang pas untuk mencari pengumpan yang jitu buat Barcelona. Kedekatan Coutinho dengan Neymar di timnas Brasil juga bisa jadi keuntungan.

4 dari 6 halaman

3. La Liga Tak Asing Baginya

Tentu hal yang bakal dilihat bagi seorang pemain yang pindah liga adalah soal adaptasi. Jangan khawatir, Barcelona, sebab Coutinho sudah mengenal kultur sepak bola Spanyol.

Betapa tidak, Coutinho nyatanya pernah memperkuat Espanyol pada 2012 lalu. Kala itu, dia dipinjamkan oleh Inter Milan.

Aksinya juga cukup apik. Ya, dia berhasil mengemas lima gol dalam 16 pertandingan La Liga. Ini bisa jadi modal bagi pemain asal Brasil itu.

Paling tidak, dia tidak butuh waktu lebih lama lagi untuk mencocokkan gaya bermainnya dengan Barcelona.

5 dari 6 halaman

2. Pengaruh Brasil


Sudah sejak lama, Neymar memang ingin satu klub dengan rekan senegaranya, Coutinho. Hal ini bisa saja terjadi karena keduanya sudah bersahabat sejak bela timnas U-15 Brasil.

Bukan tak mungkin, duet keduanya tercipta di Barca dan mengulang seperti yang dilakukan oleh Rivaldo, Ronaldo, dan Ronaldinho. Ini akan menginspirasi dan menghasut Coutinho untuk cabut ke Barcelona.

Memang, Barcelona nantinya bakal beraroma Brasil. Namun, pemain asal spanyol dan Argentina seperti Messi tak sepantasnya khawatir.

Messi misalnya bisa bermain dengan bebas andai Coutinho datang.

6 dari 6 halaman

1. Pewaris Iniesta

Memang sulit untuk menemukan pengganti Iniesta. Namun, Philippe Coutinho dapat mewarisi kehebatan Iniesta dan bisa menjadi gelandang tengah yang sempurna.

Barcelona telah berinvestasi pada Andre Gomes. Tapi pemain internasional Portugal itu belum memenuhi harapan. Dengan usia  Iniesta yang semakin tua, Barca tentu harus mencari pengganti sepadan.

Duet Ivan Rakitic dan Busquets bisa mendapat dukungan Coutinho.Mereka dapat membuat lini tengah yang tangguh untuk memasok bola-bola terukur untuk trio MSN.

Jika dibutuhkan, Coutinho pun bisa bermain sebagai penyerang. Ini yang membuatnya lebih komplet bahkan dibandingkan dengan legenda Barcelona, Xavi Hernandez.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Philippe Coutinho Correia adalah pesepak bola profesional yang saat ini memperkuat Aston Villa dan Tim Nasional Brasil
    Philippe Coutinho Correia adalah pesepak bola profesional yang saat ini memperkuat Aston Villa dan Tim Nasional Brasil

    Coutinho

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona