Sukses

MotoGP Argentina: Rossi Heran Vinales Selalu Cepat

Rossi akan mencari tahu rahasia Vinales yang selalu tampil cepat sejak tes pramusim MotoGP 2017.

Liputan6.com, Santiago del Estro - Nasib Valentino Rossi dan Maverick Vinales hingga jelang MotoGP Argentina 2017 bak langit dan bumi. Jika Vinales langsung beradaptasi dan selalu tampil mengesankan, Rossi justru seperti pembalap baru yang tengah beradaptasi.

Padahal, pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki Rossi, pengoleksi sembilan gelar juara dunia, mengenai motor Yamaha YZR-M1 jauh lebih baik ketimbang Vinales. Anehnya, keunggulan tersebut tak bisa dimaksimalkan Rossi untuk meraih hasil yang lebih baik.

Faktanya, Vinales selalu tampil lebih baik dari Rossi. Pada MotoGP Qatar 2017, penampilan Vinales bisa disebut sempurna. Balapan diakhiri Vinales dengan merebut podium juara. Sedangkan Rossi, finis di podium ketiga sudah menjadi hasil yang melebihi ekspektasi.

"Saya tak bisa memaksimalkan dengan jenis frame ini, kami harus memperbaiki situasi. Tahun lalu, M1 sangat baik dalam tikungan. Namun pada dasarnya motor ini baik karena Vinales selalu cepat. Saya harus mencari tahu mengapa ia bisa beradaptasi lebih baik dari saya," ujar Rossi, dikutip Tuttomotoriweb.

Sejatinya, perbedaan nasib Rossi dan Vinales sudah terlihat jelas sejak tes pramusim MotoGP. The Doctor mengaku kesulitan menemukan kecepatan terbaiknya. Berbeda dengan Vinales yang selalu tampil sebagai pembalap tercepat dalam tiga edisi tes pramusim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluhan Frame

Perbedaan tersebut masih terlihat hingga sesi latihan bebas MotoGP Argentina di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, Jumat (7/4/2017). Dalam latihan bebas pertama dan kedua, pembalap berusia 38 tahun itu selalu menempati urutan ke-16. Sedangkan Vinales selalu menjadi yang tercepat.

Setelah itu, Rossi pun menjadikan frame YZR-M1 sebagai kambing hitam. Padahal, sebelumnya ia sendiri sudah banyak mengeluh soal performa ban Michelin yang dinilai terlalu lunak. Karena hal itu, ia pun meminta ban yang lebih keras di Argentina.

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales tampil sebagai yang tercepat pada latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Argentina 2017. (JUAN MABROMATA / AFP)

"M1 baru sangat berbeda dari masa lalu. Kami mencoba banyak hal, tapi jujur kami punya masalah yang sama seperti di Qatar. Saya tidak tahu seberapa jauh permasalahan itu dari ban. Menurut saya, masalah kali ini lebih berkaitan dengan motor," kata Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini