Sukses

Formula 1 Tiongkok: Tidak Tersentuh, Hamilton Pecundangi Vettel

Lewis Hamilton keluar sebagai juara Formula 1 (F1) seri Tiongkok di Shanghai International Circuit, Minggu (9/4/2017).

Liputan6.com, Shanghai - Lewis Hamilton keluar sebagai juara Formula 1 (F1) seri Tiongkok di Shanghai International Circuit, Minggu (9/4/2017). Namun yang jadi sorotan adalah Max Verstappen dari tim Red Bull.

Hamilton mengawali balapan dari pole position. Pembalap tim Mercedes ini terus memimpin balapan dan relatif tak terusik oleh penetrasi pembalap tim Ferrari, Sebastian Vettel di posisi kedua. Vettel sendiri lebih sibuk meladeni tantangan rekan setim Hamilton, Valeri Bottas yang berada di posisi ketiga.

Balapan segera dihentikan sementara setelah Lance Stroll bertabrakan dengan Sergio Perez. Mobil penyelamat (safety car) pun masuk ke sirkuit untuk memandu balapan.

Saat balapan dimulai kembali, Verstappen melejit langsung ke urutan depan. Padahal, ia start dari posisi ke-16 karena hasil buruk di sesi kualifikasi kemarin.

Tak lama setelah insiden Stroll dan Perez, balapan kembali dihentikan. Penyebabnya adalah mobil pembalap Sauber, Antonio Giovinazzi yang menabrak tembok pembatas di lap 4.

Insiden-insiden yang terjadi itu tidak memengaruhi posisi Hamilton di tempat pertama. Pembalap asal Inggris ini melaju mulus memimpin balapan hingga akhir.

Persaingan seru justru terjadi untuk memperebutkan posisi kedua dan ketiga. Persaingan itu melibatkan Verstappen, Vettel, dan Kimi Raikkonen. Mereka bergantian menempati posisi kedua dan ketiga.

Vettel akhirnya memenangi persaingan dengan rekan setimnya tersebut dan finis di posisi kedua. Raikkonen pun terpaksa finis di tempat kelima di bawah Verstappen di posisi ketiga dan Daniel Ricciardo di tempat keempat. "Saya menjalani balapan yang luar biasa, saya mencoba mengganggu Hamilton tapi dia bisa merespon dengan baik," ujar Vettel selepas balapan.

Berkat kemenangan ini, Hamilton sukses membalas dendam kekalahan atas Vettel pada seri pembuka F1 di Australia. Kala itu, Vettel keluar sebagai juara.

Hasil Balapan F1 di Shanghai

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes - Mercedes 56 laps
2. Sebastian Vettel GER Ferrari - Ferrari +6.250s
3. Max Verstappen NED Red Bull - TAG +45.552s
4. Daniel Ricciardo AUS Red Bull - TAG +46.987s
5. Kimi Raikkonen FIN Ferrari - Ferrari +48.076s

6. Valtteri Bottas FIN Mercedes - Mercedes +48.808s
7. Carlos Sainz ESP Toro Rosso-Renault +1m 11.115
8. Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari +1 lap
9. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap
10. Esteban Ocon FRA Force India-Mercedes +1 lap

11. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1 lap
12. Nico Hulkenberg GER Renault - Renault +1 lap
13. Jolyon Palmer GBR Renault - Renault +1 lap
14. Felipe Massa BRA Williams - Mercedes +1 lap
15. Marcus Ericsson SWE Sauber - Ferrari +1 laps

gagal finis

16. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda 34 laps completed
17. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Renault 18 laps completed
18. Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda 16 laps completed
19. Antonio Giovinazzi ITA Sauber - Ferrari 2 laps completed
20. Lance Stroll CAN Williams - Mercedes 0 laps completed

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.