Sukses

Barcelona Pernah Ditawari David Silva

Barcelona gagal mendapatkan David Silva dari Valencia karena masalah harga.

Liputan6.com, Barcelona - David Silva ternyata pernah nyaris bergabung dengan Barcelona sebelum pindah ke Mancehster City pada musim panas 2010 lalu. Hal itu diungkap City Pep Guardiola.

Guardiola mengaku pernah direkomendasikan agar merekrut Silva dari Sevilla. Rekomendasi ini langsung datang dari pelatih Sevilla saat itu, Unai Emery. Tapi, Barcelona tak bisa mewujudkan saran Emery, yang kini melatih Paris Saint-Germain (PSG).

"Saya ingat ketika saya masih di Barcelona dan tahun pertama atau kedua aku ada di sana, Unai Emery ada di sana dan setelah pertandingan dia berkata, 'David Silva adalah pemain untuk Anda, Barcelona. Percayalah dia adalah pemain Barcelona'," cerita Guardiola kepada wartawan seperti dilansir Soccerway, Senin (10/4/2017).

"Dan dia sangat tepat. Dia pemain spesial. Ini bukan [hanya] tentang kualitas. Dia begitu mahal, sangat mahal."

Meski gagal memboyong Silva ke Barcelona, Guardiola kini dapat melatih pemain sayap Timnas Spanyol itu di Manchester City. Dia pun memuji pemainnya itu.

"Selalu saya berkata kepadanya, 'Anda harus mencetak gol!' Karena jika Silva mencetak gol, dia akan membuat sesuatu yang Anda bahkan tidak bisa membayangkan. Dia benar-benar memiliki semuanya dengan mentalitas, dia seorang pesaing dan segala sesuatu," ucap Guardiola.

"Dia memiliki sesuatu yang istimewa lebih dari penghargaan," tambahnya. "Penghargaan ini untuk dimasukkan ke dalam lemari dan kadang-kadang bersih. Dia memiliki rasa hormat dari semua rekan setim dan pelatihnya. Itu adalah hal yang paling penting."

Guardiola pun menyamai Silva dengan dua mantan anak asuhnya di Barcelona, yakni Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. "Ketika saya mengatakan saya seorang pria beruntung karena saya dengan Xavi, Iniesta, dan sekarang Silva. Ketiganya adalah pemain luar biasa," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini