Sukses

Bonek Yogyakarta Galang Dana untuk Korban Longsor Ponorogo

Kembalinya Persebaya Surabaya ke kompetisi nasional mendorong Bonek menata diri.

Liputan6.com, Jakarta Kembalinya Persebaya Surabaya ke kompetisi sepak bola Indonesia mendorong suporternya alias Bonek, berbenah. Di Yogyakarta, para pendukung Bajul Ijo bahkan ikut berpartisipasi dalam aksi sosial yang berlangsung pada Minggu (9/4/2017). 

Belasan bonek Jogja mengumpulkan donasi untuk korban bencana tanah longsor di Ponorogo. Mereka berkumpul di Simpang Tiga, UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini rencananya berlangsung tiga hari dan bertujuan meringankan beban korban. 

Menurut Tulus Budi, sesepuh Bonek Korwil Jogja, aksi serupa juga digelar oleh korwil-korwil lainnya. "Bonek konsisten memberi semangat Persebaya di lapangan sekaligus berinisiatif ikut andil dalam membantu menyelesaikan persoalan sosial," katanya. 

Tulus menambahkan, penggalangan dana untuk korban bencana bukan kali ini saja mereka lakukan. Hal yang sama juga dilakukan saat longsor Banjarnegara, gempa bumi Pidie Aceh, dan lain-lain. Menurut Tulus, hasi donasi kala itu mencapai Rp19,2 juta. 

 

Tulus berharap, lewat kegiatan ini, media juga bisa melihat sisi positif Bonek. Sebab selama ini stiga negatif kerap melekat terhadap para pendukung Bajul Ijo. "Kami ingin masyarakat lebih objektif dalam menilai suporter, khususnya Bonek," ujar Tulus. 

(Switzy Sabandar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini